Uji Alat Jentik Ekor Modifikasu 5 Terhadap Efek Analgesik Ekstrak Daun Kitolod (Isotoma longiflora Persl.) Pada Mencit (Mus muscullus)

Widiastuti, Riyani (2015) Uji Alat Jentik Ekor Modifikasu 5 Terhadap Efek Analgesik Ekstrak Daun Kitolod (Isotoma longiflora Persl.) Pada Mencit (Mus muscullus). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_3926_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_3926_Abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/239875

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan menggunakan alat jentik ekor modifikasi 5 dalam menguji aktivitas analgesik dari ekstrak daun Kitolod (Isotoma longiflora Presl.) dan Tramadol HCl pada mencit. Parameter yang dilihat adalah waktu pada saat ekor mencit diletakkan pada pelat panas hingga pertama kali menimbulkan respon berupa menjentikkan ekor. Dalam penelitian ini digunakan mencit sebagai hewan uji yang dibagi menjadi 5 kelompok, yaitu kelompok I sebagai kontrol yang diberi suspensi CMC Na 1%, kelompok II, III dan IV yang diberi ekstrak daun Kitolod berturut-turut sebesar 100, 300 dan 500 mg/kgBB dan kelompok V sebagai pembanding yang diberi Tramadol HCl 3 mg/kgBB. Masing-masing kelompok diberikan secara per oral sebanyak 0,5 ml dan ditunggu selama 15 menit sebelum diberi induksi panas. Hasil pengujian menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna antara kelompok kontrol, uji dan pembanding. Dapat disimpulkan bahwa alat jentik ekor modifikasi 5 dapat digunakan untuk menguji aktivitas analgesik.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Analgesik, Jentik Ekor modifikasi 5, Kitolod, Isotoma longiflora Tramadol HCl
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 20 Oct 2015 07:34
Last Modified: 20 Oct 2015 07:34
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25741

Actions (login required)

View Item View Item