Perilaku Konsumen Terhadap Produk Mie Untuk Menetapkan strategi Dan Taktik Pemasaran Di Perusahaan Mie Mawar Berlian Di Nganjuk

Theresia, Shirly (2008) Perilaku Konsumen Terhadap Produk Mie Untuk Menetapkan strategi Dan Taktik Pemasaran Di Perusahaan Mie Mawar Berlian Di Nganjuk. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_3140_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_3140_Abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133855

Abstract

Pada umumnya tujuan utama dari setiap perusahaan adalah untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin, tidak terkecuali perusahaan yang memanfaatkan material yang berbentuk roll. Salah satu penghematan utama yang dapat dilakukan adalah meminimumkan waste dari material yang digunakan. Untuk memberikan solusi dari masalah ini dilakukan suatu penelitian dengan merancang suatu algoritma yang meminimumkan jumlah dan panjang material roll yang digunakan dengan memperhatikan batasan panjang meja potong dan panjang material roll. Pada pemotongan ini, diperhatikan waktu pemotongan, sehingga pemotongan selalu dilakukan pada meja potong yang tersedia dan tidak dilakukan pergeseran material yang dipotong. Sebelum merancang algoritma yang mempertimbangkan batasan tersebut, perlu ditetapkan tahapan penelitian. Penelitian ini dimulai dengan mengidentifikasi masalah riil yang ada, merumuskan masalah, melakukan studi literatur, menentukan tujuan penelitian, dan melakukan analisis terhadap algoritma awal. Algoritma awal yang dijadikan acuan adalah algoritma yang telah dikembangkan oleh Suliman (2006) yang merupakan algoritma penataan produk berbentuk empat persegi panjang pada material roll dengan pola guillotine-oriented, dengan tujuan untuk meminimumkan total trim loss (TTL). Pada algoritma ini terdapat tiga prosedur, yaitu penentuan WCP (Width-Cutting Pattern) untuk menentukan pola pemotongan, penentuan LCP (Length-Cutting Pattern) untuk menentukan panjang pemotongan pola dari prosedur WCP serta penentuan CSP reduction (Cutting-Stock reducion) untuk mengetahui nilai demand pada akhir iterasi. Langkah pengerjaannya dilakukan secara iteratif sampai tidak ada lagi nilai adjusted demand. Agar algoritma usulan ini dapat diterapkan dalam kondisi riil, maka dirancang algoritma usulan yang memperhatikan batasan panjang material dan panjang meja potong, serta mengijinkan adanya kelebihan produk. Setelah dikembangkan studi kasus, dihasilkan waste sebesar 3,12%, yang merupakan penjumlahan dari TTL dan adanya sisa panjang material yang tidak terpakai. Analisis sensitivitas dilakukan untuk mengetahui sensitivitas algoritma usulan terhadap perubahan output jika dilakukan perubahan terhadap ukuran produk, jumlah demand masing-masing produk, lebar material yang digunakan, dan banyaknya variasi produk. Analisis sensitivitas terhadap karakterisitik bentuk dan ukuran produk, menghasilkan waste terkecil sebesar 0,23% pada studi kasus dimana produk yang besar merupakan gabungan dari produk yang lebih kecil. Pada analisis sensitivitas terhadap karakterisitik jumah demand masing-masing produk, studi kasus dengan produk terkecil memiliki persentase demand terbesar (sebesar 62,32% dari total demand) tidak menghasilkan waste, sedangkan jika demand produk besar memiliki persentase terbesar akan menghasilkan waste yang sebesar 3,42%. Pada analisis sensitivitas terhadap karakterisitik lebar material yang digunakan, studi kasus dengan lebar material 250 cm menghasilkan waste terkecil, sebaliknya studi kasus dengan lebar material 40cm menghasilkan waste terbesar, yaitu 5,6%. Pada analisis sensitivitas terhadap karakterisitik jumlah variasi produk, studi kasus dengan jumlah variasi produk paling banyak (15 produk) menghasilkan waste terkecil, yaitu sebesar 0,36%, sedangkan studi kasus dengan jumlah variasi produk terkecil (3 produk) menghasilkan waste sebesar 11,91%. Banyaknya iterasi yang diperlukan sangat sensitif terhadap jumlah variasi produk. Semakin banyak jumlah variasi produk, maka semakin banyak pula iterasi yang diperlukan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, Taktik Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Nov 2015 04:43
Last Modified: 04 Nov 2015 04:43
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25910

Actions (login required)

View Item View Item