Analisis dan Panduan Perbaikan Website E-Commerce dengan Pendekatan Webqual

Hartawan, Andre (2009) Analisis dan Panduan Perbaikan Website E-Commerce dengan Pendekatan Webqual. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TM_3173_Abstrak.pdf

Download (49Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/130824

Abstract

Tantangan terbesar dalam industri website e-commerce adalah memahami apa kebutuhan dari user dan mengembangkan kehadiran website mereka dan kinerja operasional kantor untuk mengelola website tersebut. Salah satu website e-commerce yang semakin mendapatkan perhatian lebih oleh internet user di Indonesia adalah website travel online. Dengan hanya mengandalkan sebuah website travel online, baik pemesanan maupun penjualan jasa travel dapat dilakukan dalam langkah-langkah yang cenderung jauh lebih praktis dan mudah dibandingkan dengan metode konvensional. Sebuah website travel online yang sulit digunakan, memiliki desain web yang tidak menarik, memberikan informasi yang tidak jelas dan kurang lengkap, serta tidak adanya layanan interaksi yang baik akan menciptakan kesan yang buruk bagi user dan akan berdampak pada kecilnya penjualan yang terjadi. Diperlukan sebuah penilaian kualitas website travel online berdasarkan persepsi dari user tersebut. Metode Webqual 4.0 adalah metode yang dapat digunakan sebagai pendekatan untuk memberikan penilaian kualitas berdasarkan persepsi dari user. Langkah awal dalam penelitian ini adalah melakukan pencarian dan pemilihan dua website travel online Indonesia yang digunakan sebagai studi kasus yaitu website Paket Rupiah dan Travelindo. Kemudian dilakukan penyebaran kuesioner Webqual 4.0 dan didapatkan kuesioner sebanyak 102 kuesioner pada website Paket Rupiah dan sebanyak 105 kuesioner pada website Travelindo. Pengolahan kuesioner dilakukan dengan menguji semua variabel pertanyaan menggunakan factor analysis untuk mendapatkan data grouping yang terjadi pada penilaian responden. Data grouping yang didapatkan adalah sebagai berikut: pertanyaan 1 – 4 merupakan dimensi usability, pertanyaan 5 – 8 merupakan dimensi design, pertanyaan 9 – 15 merupakan dimensi information quality, dan pertanyaan 16 – 20 merupakan dimensi service interaction quality. Selanjutnya dilakukan perhitungan weighted score dan maximum score sehingga didapatkan nilai Webqual Index (WQI) yang digunakan sebagai hasil penilaian kualitas website travel online. Nilai WQI pada website Paket Rupiah adalah sebagai berikut: usability (0,65), design (0,66), information quality (0,66), dan service interaction quality (0,61). Nilai WQI pada website Travelindo adalah sebagai berikut: usability ( 0,64), design (0,61), information quality (0,64), dan service interaction quality (0,58). Langkah selanjutnya adalah melakukan analisis kondisi awal pada kedua website travel online yaitu pada website Paket Rupiah dan Travelindo. Kemudian analisis kualitas berdasarkan pada keempat fokus dimensi yang telah didapatkan proses factor analysis sebelumnya, yaitu usability, design, information quality dan service interaction quality. Focused group discussion dilakukan untuk mendapatkan pendalaman analisis terutama pada fokus dimensi usability dan design. Analisis-analisis yang dilakukan menjadi dasar untuk rekomendasi dan saran rancangan perbaikan pada keempat dimensi untuk website travel online khususnya di Indonesia. Beberapa rekomendasi dan saran rancangan perbaikan yang didapatkan pada dimensi usability adalah wajib menyediakan search engine, tahapan pembelian yang mudah dan tidak berbelit, sistem komparasi harga. Pada dimensi design adalah warna yang memberikan kesan santai dan bebas, misalnya biru langit atau biru laut, menampilkan gambar yang menarik sesuai dengan tema, seperti pantai atau tempat wisata atau kamar hotel yang menarik, penataan layout yang rapi agar mudah dibaca dan menampilkan kesan elegan. Pada dimensi information quality adalah sangat penting untuk menampilkan informasi harga tiket pesawat dan kamar hotel beserta spesifikasinya secara lengkap, dan informasi harga yang up-to-date sangat diperlukan mengingat harga tiket pesawat cepat berubah. Pada dimensi service interaction quality adalah memberikan fasilitas member login yang dapat digunakan untuk semakin memudahkan transaksi dan untuk kepentingan personalisasi dan komunitas, menggunakan sistem keamanan standar untuk menjamin privasi user dan keamanan transaksi.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Website e-commerce, Webqual
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 11 Nov 2015 08:44
Last Modified: 11 Nov 2015 08:44
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25999

Actions (login required)

View Item View Item