Kombinasi Metode Kano dan QFD untuk Meningkatkan Kenyamanan di Taman Kota Surabaya

Irwanto, Boby (2009) Kombinasi Metode Kano dan QFD untuk Meningkatkan Kenyamanan di Taman Kota Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TM_3191_Abstrak.pdf

Download (48Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/132267

Abstract

Ada beberapa taman kota Surabaya yang menjadi paru-paru kota seperti lapangan Balai kota Surabaya atau Taman Bungkul Surabaya, Taman Flora (Bratang), dan lainnya, namun keberadaan taman ini belum dimanfaatkan secara maksimal. Masih banyak penduduk surabaya yang cenderung pergi ke mall dari pada ke taman kota untuk menghirup udara segar, padahal taman kota menjadi salah satu hutan kota yang berfungsi sebagai penghasil oksigen. Adanya kecenderungan masyarakat yang lebih tertarik pergi ke mall membuat pihak pengelola harus lebih meningkatkan kualitas kenyamanan yang ada pada masing-masing taman kota. Tujuan penelitian ini adalah Mengidentifikasi dan mengklasifikasikan variabel kenyamanan bagi masyarakat pengguna fasilitas yang ada di taman-taman kota Surabaya ke dalam 3 karakteristik kualitas yaitu one dimensional, must be dan attractive dengan metode Kano lalu Melakukan analisis tingkat kepuasan dan kepentingan masyarakat kota Surabaya terhadap fasilitas yang dimiliki oleh taman kota di Surabaya, dan melakukan analisis kuadran untuk melihat kelebihan dan kelemahan taman-taman kota setelah itu mengumpulkan saran dari user taman kota dan melakukan benchmark dengan taman kota lain serta taman luar negri untuk memberikan masukan untuk taman-taman kota Surabaya hasil dari masukan dan hasil benchmark diterjemahkan hasil saran dan benchmark menjadi usulan perbaikan bagi tamantaman kota Surabaya melalui metode HOQ. Kuesioner yang disebarkan pada pengunjungtaman meliputi Kano, Tingkat Kepentingan dan Tingkat Kepuasan. Pada kuesioner Kano dilakukan pengklasifikasian kategori dari setiap variabel layanan untuk mengetahui variabel-variabel manakah yang perlu diprioritaskan untuk dilakukan perbaikan. Untuk mengetahui kategori dari tiap variabel dilakukan penyebaran kuesioner Kano hanya pada pengguna Taman Bungkul dan Taman Flora karena pengunjung lebih sering berkunjung di dua taman ini, dari hasil klasifikasi Kano untuk Taman Bungkul terdapat 20 variabel yang masuk kedalam 4 kategori kano yaitu, 1 variabel untuk kategori Attractive yaitu fasilitas internet. 9 variabel untuk kategori One-Dimensional dan 7 variabel untuk kategori Must-Be serta 3 variabel untuk kategori indifferent yaitu kategori jogging track, skate board track, dan bike track. Klasifikasi untuk Taman Flora terdapat 16 variabel yang juga masuk kedalam 4 kategori kano yaitu, 1 variabel untuk kategori Attractive yaitu counter makanan, 8 variabel untuk kategori One-Dimensional dan 6 variabel untuk kategori Must-Be serta 1 variabel untuk kategori indifferent yaitu fasilitas internet. Adapun nilai grand mean dari tingkat kepentingan dan kepuasan Taman Bungkul sebesar 3,854 dan 3,861 serta nilai grand mean dari tingkat kepentingan dan kepuasan Taman Flora sebesar 3,831 dan 3,732. Dari data-data tentang tingkat kepuasan dan kategori kano, selanjutnya dilakukan analisis kuadran, analisis ini berfungsi untuk mengetahui variabel mana yang masuk dalam kuadran yang mempunyai kepentingan tinggi namun mempunyai kepuasan yang rendah (kuadran IV). Variabel yang masuk di kuadran IV di Taman Bungkul antara lain sikap ramah dari petugas yang ada di taman kota di Surabaya, kebersihan taman, tempat parkir yang nyaman, ketersediaan penerangan waktu malam, fasilitas hiburan seperti live music, fasilitas tempat duduk yang nyaman (tempat duduk cukup tempat duduk nyaman untuk pengguna wifi ada tempat tersendiri bagi perokok), fasilitas yang aman bagi anak untuk bermain, fasilitas papan petunjuk (papan peringatan). Variabel yang masuk di kuadran IV di Taman Flora antara lain sikap ramah dari petugas yang ada di taman kota di Surabaya, fasilitas first aid kit, fasilitas papan petunjuk (papan peringatan), fasilitas tempat duduk yang nyaman (tempat duduk cukup, tempat duduk nyaman untuk pengguna wifi, ada tempat tersendiri bagi perokok), fasilitas bagi orang cacat, fasilitas yang aman bagi anak untuk bermain, dan kebersihan taman. Untuk usulan perbaikan digunakan House Of Quality untuk menentukan prioritas yang perlu diperbaiki, kemudian dari hasil HOQ ini dibuat Action Plan dan bagian yang bertanggung jawab mengimplementasikan usulan yang telah dibuat. Inisiatif perbaikan yang diusulkan antara lain, memiliki standar pelayanan bagi pengunjung taman, pelatihan pada petugas di taman secara periodik untuk penerapan disiplin dari petugas taman, kotak saran untuk mengetahui progress dari keinginan pengunjung, area khusus bagi perokok dan mempunyai power back-up.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Kano, QFD, Kenyamanan taman
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 12 Nov 2015 03:38
Last Modified: 12 Nov 2015 03:38
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26016

Actions (login required)

View Item View Item