Perbedaan Kepatuhan Terhadap Otoritas Kyai Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Tingkat Pendidikan Di Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo

., Musrichah (1996) Perbedaan Kepatuhan Terhadap Otoritas Kyai Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Tingkat Pendidikan Di Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
S_36_Abstrak.pdf

Download (37Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/139781

Abstract

Kepatuhan terhadap otoritas kyai amat penting dalam kehidupan di pondok pesantren, karena kyai merupakan orang yang selalu borhubungan dengan santri, sehingga kepatuhan amat besar pengaruhnya dalam mendidik para santri " Perbedaan peran dan sikap yang ada pada pria dan wanita diduga dapat menimbulkan perbedaan kepatuhan terhadap otoritas kyai " Demikian juga dengan tingkat pendidikan akan memberikan pula perbedaan terhadap perilaku patuh pada otoritas kyai" Berdasarkan asumsi diatas, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan terhadap perilaku patuh kapada otoritas kyai antara santri pria dan santri wanita serta antara santri dangan tingkat pendidikan Tsanawiyah, Aliyah dan Perguruan tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah para santri di Pondok pesantren Nurul Jadid, Probolinggo, sedang sampel di depan diambil dengan cara purposive quota sampling. Sample yang diperoleh berjumlah 180 orang yang tardiri dari laki-laki dan wanita dengan pedidikan Tsanawiyah, Aliyah dan Perguruan Tinggi yang masing-masing terdiri dari 30 subyek. Pengumpulan data dilakukan dengan angket mengenai kepatuhan terhadap otoritas kyai, sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik statistik Anakova Faktorial AB dengan L kovariabel yaitu lama tinggal di Pondok Pesantren. ...

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 16 Nov 2015 07:14
Last Modified: 16 Nov 2015 07:15
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26065

Actions (login required)

View Item View Item