Pengembangan Strategi Bisnis di UD. Pantes Baru, Surabaya

Joyo, Giovani Christanto (2015) Pengembangan Strategi Bisnis di UD. Pantes Baru, Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TM_3813_Abstrak.pdf

Download (34Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/239775

Abstract

UD. Pantes Baru merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan bahan bangunan khususnya triplek dan kawat bendrat secara grosir ke Surabaya dan Bali. Masalah pertama yang dihadapi oleh UD. Pantes Baru adalah terlalu bergantung pada 1 perusahaan ekspedisi sehingga bila 1 ekspedisi itu berhalangan maka barang yang akan sampai ditangan konsumen pasti akan terlambat dan menyebabkan banyak pelanggan UD. Pantes Baru khususnya dikota Bali kecewa. Masalah kedua yang dihadapi oleh UD. Pantes Baru adalah perusahaan tidak bisa menyimpan barang pesanan para konsumen dalam umlah yang banyak karena tidak ada tempat untuk menyimpan disebabkan gudang yang dimiliki oleh perusahaan tidak terlalu luas sehingga penjualan dari pihak perusahaan tidak bisa meningkat. Dan masalah ketiga yang dihadapi oleh perusahaan adalah banyaknya konsumen yang meminta potongan harga kepada pihak perusahaan, hal ini menjadi kendala karena pihak perusahaan sudah memberikan harga termurah dibandingkan para kompetitornya. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah merancang usulan strategi bisnis yang tepat untuk memperkuat daya saing yang dimiliki UD. Pantes Baru dan memberikan usulan perbaikan strategi pemasaran untuk digunakan UD. Pantes Baru agar dapat meningkatkan penjualan. Hal awal yang dilakukan adalah dengan melakukan analisis 5 kekuatan Porter untuk mengetahui struktur industri dari UD. Pantes Baru, Surabaya serta analisis SWOT untuk mengetahui kondisi internal maupun eksternal yang dapat berpengaruh bagi perusahaan. Setelah itu, dilanjutkan dengan 3 tahap analisis, yaitu tahap input dimana akan dilakukan identifikasi lingkungan internal dan diperoleh score 2,55 yang artinya perusahaan sudah mampu menggunakan kekuatan untuk mengatasi kelemahan yang ada. Selanjutnya dilakukan identifikasi lingkungan eksternal dan diperoleh score 3,63 yang artinya perusahaan responsive terhadap lingkungan eksternalnya. Setelah melakukan analisis IFE dan EFE dilanjutkan dengan melakukan analisis terhadap Competitive profil matrix, dimana ditemukan UD. Pantes Baru menduduki peringkat 2, yang artinya masih ada kompetitor yang lebih baik dari UD. Pantes Baru. Tahap kedua yaitu pemadanan dengan melakukan analisis matriks SWOT dengan tujuan untuk memperoleh strategi berdasarkan hasil penggabungan antara strength, weakness, opporturnity, dan threat. Setelah itu, dilakukan analisis pada grand strategy matrix dan diperoleh hasil UD. Pantes Baru berada pada kuadran II yang artinya perusahaan memiliki pertumbuhan pasar yang tinggi dan posisi kompetitif yang lemah. Selanjutnya analisis Internal Eksternal matriks yang diperoleh hasil UD. Pantes Baru berada pada kuadran II yang artinya perusahaan harus tumbuh dan berkembang, dan tahap yang terakhir dengan melakukan tahan pengambilan keputusan dengan menganalisis quantitive strategic planning matrix untuk menentukan strategi yang paling tepat untuk diterapkan oleh UD. Pantes Baru. Setelah dilakukannya ketiga tahap analisis tersebut, ditemukan terdapat 3 strategi yang paling berpengaruh bagi UD. Pantes Baru, yaitu strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan pasar dan strategi pengembangan produk. Dari ketiga strategi tersebut juga diperoleh bahwa strategi yang mempunyai pengaruh paling besar bagi UD. Pantes Baru adalah strategi penetrasi pasar. Strategi penetrasi pasar didapatkan dari perhitungan yang dilakukan pada QSPM. Oleh karena itu, strategi yang diusulkan disini adalah strategi penetrasi pasar. Dari kesimpulan strategi yang telah diperoleh, maka langkah selanjutnya adalah melakukan analisis terhadap strategi bisnis generik untuk memperkuat strategi bisnis yang ada di UD. Pantes Baru dan didapatkan strategi cost leadership. Setelah didapatkan strategi tersebut langkah selanjutnya adalah menentukan strategi fungsional yang dihubungkan dengan market penetration dan marketing mix. Setelah didapatkan strategi fungsional hal berikutnya memperbaiki kuadran 4 pada analisis kuadran. 3 strategi yang diusulkan kepada pihak perusahaan adalah: bekerjasama dengan lebih dari satu perusahaan ekspedisi, mengontrak gudang agar perusahaan dapat menyimpan lebih banyak barang dan membuat kontrak kerjasama pemberian potongan harga kepada para pelanggan UD. Pantes Baru.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: cost leadership, distributor bahan bangunan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 18 Nov 2015 03:30
Last Modified: 18 Nov 2015 03:30
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26097

Actions (login required)

View Item View Item