Studi Kelayakan Pendirian Boutique Khusus Remaja dan Perancangan Strategi Pemasaran Berdasarkan Perilaku Konsumen di Surabaya

Atmaja, Nyoman Sally (2009) Studi Kelayakan Pendirian Boutique Khusus Remaja dan Perancangan Strategi Pemasaran Berdasarkan Perilaku Konsumen di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TM_3241_Abstrak.pdf

Download (49Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/131675

Abstract

Dalam era globalisasi yang semakin berkembang, membuat masyarakat yang ada di dalamnya pun menjadi ikut berkembang. Keinginan masyarakat untuk tampil lebih fashionable dalam setiap waktu dan tempat, membuat para pelaku bisnis berlomba-lomba dalam mendirikan suatu bisnis yang dapat memenuhi keinginan konsumen dalam hal fashion. Salah satu bisnis yang saat ini terus berkembang adalah bisnis boutique. Hal inilah yang dilihat oleh investor dengan mendirikan boutique khusus remaja di Surabaya. Pendirian boutique dikhususkan untuk remaja dengan alasan pangsa pasar remaja adalah pasar yang terus berkembang dan belum adanya boutique khusus remaja di Surabaya. Dengan melihat adanya peluang untuk bisnis boutique ini, maka dilakukan studi kelayakan untuk bisnis boutique ini. Bisnis boutique ini mempunyai brand “Laforet boutique”, tema yang digunakan adalah One Stop Fashion Solution For Teenager”, dengan konsep Harajuku style. Strategi bisnis yang dilakukan oleh boutique ini adalah Focus Strategy, dikarenakan bisnis ini membidik segmen pasar tertentu yaitu segmen pasar remaja. Memahami kondisi remaja yang sedang mencari identitas diri dan ingin tampil berbeda, boutique ini hadir dan menawarkan produk dengan konsep yang berbeda yang belum ada di pasaran, yaitu Harajuku style. Selain itu produk yang diproduksi merupakan produk yang limited edition dengan harga yang sesuai dengan kualitas dari setiap produk. Strategi pemasaran yang dibuat disesuaikan dengan target pasar dari boutique ini. Dari penyebaran kuesioner dengan menggunakan teknik purposive sampling yang dilakukan guna mengetahui karakteristik dari pasar dan tingkat kepentingan dari variabel-variabel yang ada di boutique, didapatkan bahwa mayoritas pasar potensial dari boutique ini adalah remaja dengan kelompok psikografis aspirational (58%) dan conformist (28%). Target dari boutique ini adalah remaja umur 15-24 tahun dengan karakteristik kelompok Aspirational dan Conformist yang bertempat tinggal di Surabaya, khususnya Surabaya Timur, Surabaya Pusat, Surabaya Selatan dan Surabaya Utara dari kalangan menengah ke atas dan penyuka Harajuku style. Boutique ini memiliki tag line yaitu Dare To Be Different, dimana boutique ini menantang para customer untuk berani tampil beda tetapi tetap fashionable. Setelah itu dapat ditentukan strategi pemasaran yang sesuai dengan pasar potensial berdasarkan dimensi dari bauran pemasaran jasa. Analisis Studi Kelayakan meliputi analisis aspek pasar, teknis, manajemen dan keuangan. Pada aspek pasar, dilakukan perhitungan permintaan efektif, dimana Laforet boutique dapat memenuhi 37,13% dari pasar potensial yang ada dan terus meningkat pada tahun-tahun berikutnya. Pada aspek teknis, analisis dimulai dari hasil kuesioner dimana sebanyak 88% responden memilih pendirian boutique bergabung dengan sebuah mall. Dimana dilakukan analisis dan perhitungan berdasarkan faktor subyektif dan obyektif terhadap alternatif mall yang ada. Dari hasil perhitungan tersebut, didapatkan bahwa Galaxy Mall terpilih menjadi lokasi pendirian boutique. Pada aspek manajemen, pemilik berperan langsung sebagi direktur perusahaan. Direktur membawahi Manajer Store dan Koordinator Multimedia, Web Maintenance dan Online. Manajer Store mengorganisir Fashion stylist, penjaga toko, kasir, dan desainer, dimana desainer berhubungan langsung dengan para pembuat produk. Pada aspek keuangan, didapat Total Project Cost (TPC) sebesar Rp1.121.967.719. Selain perhitungan TPC, dilakukan pula perhitungan HPP, Harga jual, pendapatan, laporan Rugi Laba, aliran kas, neraca dan BEP. MARR yang didapat sebesar 15%, dengan NPV sebesar Rp. 2.920.583.827,dimana waktu pengembalian modal adalah selama 1,21 tahun, IRR sebesar 99% yang lebih besar dari MARR. Selain itu dilakukan analisis sensitivitas dan ratio. Secara keseluruhan bisnis Boutique ini layak untuk didirikan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Pendirian Boutique, Strategi Pemasaran, Perilaku Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 23 Nov 2015 09:38
Last Modified: 23 Nov 2015 09:38
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26155

Actions (login required)

View Item View Item