Penerapan Target Costing Sebagai Alat Manajemen Biaya Dalam Rangka Mencapai Target Price Pada PT. X Di Sidoarjo

Anna, Lilik (1997) Penerapan Target Costing Sebagai Alat Manajemen Biaya Dalam Rangka Mencapai Target Price Pada PT. X Di Sidoarjo. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of Ak_873_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
Ak_873_Abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153942

Abstract

Berkembangnya bisnis konsumsi yang cukup pesat sejalan dengan pertumbuhan pendapatan penduduk di kota-kota besar di Indonesia beberapa tahun belakangan ini, serta adanya pelonggaran peraturan investasi menarik perhatian para investor, baik lokal maupun asing. Para investor asing tersebut tidak hanya melakukan impor, namun juga telah menggandeng badan usaha-badan usaha lokal untuk menjadi mitranya. PT "X" sebagai badan usaha yang bergerak di bidang makanan ringan dalam melakukan penetapan harga jual produk menggunakan metode cost plus mark up, yaitu dengan menghitung biaya produksi yang kemudian ditambah dengan sejumalah mark up tertentu. Selain itu perhatian badan usaha lebih difokuskan pada sisi internal yang mengakibatkan badan usaha kurang memahami keinginan konsumen serta keadaan pesaing, sehingga harga yang ditetapkan tidak dapat bersaing di pasaran. Hal ini juga menyebabkan badan usaha hams menghentikan produksinya atas beberapa jenis produk serta mengurangi keuntungan yang diperoleh. Dalam rangka melakukan peluncuran produk barn, tahap yang paling penting dan perlu untuk mendapat banyak perhatian adalah pada saat melakukan desain dan perencanaan. Salah satu alat manajemen biaya yang dapat digunakan pada tahap ini adalah target costing. Penerapan target costing menyebabkan badan usaha tidak hanya melihat pada sisi internal saja yaitu melakukan estimasi biaya produk berdasarkan produk yang sedang berjalan; namun juga memperhatikan sisi ekstenal yaitu dengan melakukan penelitian pasar untuk mengetahui selera konsumen, harga yang diinginkan, maupun produk yang dihasilkan pesaing. Berdasarkan perbandingan antara sisi internal dan sisi ekstemal tersebut, akan ditetapkan besarnya target cost. Selanjutnya badan usaha harus melakukan berbagai macam perbaikan melalui proses value engineering agar dapat mencapai target cost. Apabila target cost yang ditetapkan telah tercapai, maka target price yang telah ditetapkan sebelumnya juga akan tercapai. Perhitungan biaya merupakan hal kritis yang barns diperhatikan oleh badan usaha, karena hal ini akan membantu manajemen dalam membuat berbagai kebijakan serta mengambil keputusan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka penerapan activity based costing akan memberikan perhitungan biaya yang akurat serta dapat mendukung penerapan target costing dalam rangka mencapai target price.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 01 Dec 2015 01:58
Last Modified: 01 Dec 2015 01:58
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26231

Actions (login required)

View Item View Item