Studi Deskriptif Pengambilan Keputusan Siswa Kelas XI dalam Memilih Program Studi di Perguruan Tinggi

Kartika, Herlia K. (2014) Studi Deskriptif Pengambilan Keputusan Siswa Kelas XI dalam Memilih Program Studi di Perguruan Tinggi. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
ED_432_Abstrak.pdf

Download (55Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/240208

Abstract

Peserta didik yang sudah menginjak pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sepatutnya sudah memiliki kompetensi dalam bidang perencanaan tujuan karir dan memastikan pilihan program studi sesuai kemampuan dalam tahapan pengambilan keputusan menetapkan program studi. Namun ternyata masih ada saja siswa yang sudah menginjak tingkat kelas XI namun belum mantap dalam mengambil keputusan mengambil program studi untuk perguruan tinggi. Adapun siswa yang sudah melakukan pengambilan keputusan ternyata pengambilan keputusan tersebut dilakukan tidak berdasar langkah yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi ketepatan siswa kelas XI dalam tiap langkah pengambilan keputusan dalam memilih program studi. Selain itu juga untuk mengetahui faktor apakah yang mempengaruhi siswa dalam pengambilan keputusan. Subjek penelitian ini siswa jurusan IPA dan IPS kelas XI. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan angket semi terbuka berupa pertanyaan dengan pilihan jawaban dan uraian sebagai penjelas. Berdasar tujuan penelitian maka teknil analisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yaitu data diubah dan dideskripsikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan persentase. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengambilan keputusan siswa kelas XI dapat dikatakan baik dilihat dari tahapan siswa dalam pengambilan keputusan. Siswa mampu mengidentifikasi kebutuhan dalam pendidikan lanjut, mencari informasi sebagai kelengkapan informasi, memikirkan dan memilah dampak dari tiap pilihan serta memastikan pilihan sesuai keuntungan terbesar. Saran yang dapat diberikan kepada pihak guru BK terkait kemampuan siswa dalam pengambilan keputusan yaitu lebih membimbing dan mendampingai siswa untuk memahami dan melakukan tahapan pengambilan keputusan agar para siswa dapat melewati seluruh tahapan hingga seluruh siswa mendapat kategori sangat baik dalam pengambilan keputusan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: pengambilan keputusan, pemilihan jurusan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 01 Dec 2015 07:00
Last Modified: 01 Dec 2015 07:00
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26244

Actions (login required)

View Item View Item