Ratuwongo, Haryanto (2009) Analisis Pengaruh Kredibilitas Merek dan Sensitivitas Harga Konsumen terhadap Pemilihan Merek pada Kategori Produk Teh Kemasan, Shampo, Handphone CDMA. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_3252_Abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Banyaknya merek yang beredar saat ini menimbulkan persaingan yang kuat antar merekmerek tersebut. Merek-merek yang ada memiliki kredibilitas yang berbeda-beda di benak konsumen yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memilih merek. Faktor-faktor kredibilitas yang diduga berpengaruh antara lain adalah kualitas, kepercayaan, nama, dan image dari merek tersebut. Selain itu terdapat faktor sensitivitas harga konsumen yang diduga turut mempengaruhi pemilihan merek. Tetapi belum diketahui seperti apa pengaruh dari faktor-faktor ini terhadap pemilihan merek yang ada. Disamping itu, perlu diketahui apakah pengaruh dari kredibilitas dan sensitivitas ini sama untuk setiap kategori produk yang ada saat ini dengan involvement yang berbeda-beda beserta merek-merek didalamnya. Hipotesis awal menduga bahwa semakin kuat kredibilitas merek maka semakin besar peluang merek tersebut akan terpilih. Tetapi untuk sensitivitas diduga bahwa semakin sensitif konsumen terhadap perubahan harga yang terjadi, maka semakin besar peluang konsumen akan beralih ke merek lain yang lebih murah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas merek dan sensitivitas harga konsumen terhadap pemilihan merek pada tiga kategori produk, yaitu teh kemasan, shampoo, dan handphone CDMA dengan menggunakan regresi logistik multinomial dan regresi logistik binomial. Pada penelitian ini dilakukan beberapa analisis yakni analisis deskriptif, analisis tabulasi silang, dan analisis regresi logistik dengan mengujikan variabel-variabel dependen yang sama. Analisis deskriptif untuk mengetahui latar belakang dari responden, sedangkan tabulasi silang untuk mengetahui karakteristik responden yang sensitif terhadap harga. Berdasarkan analisis regresi logistik multinomial, diketahui bahwa pada model pengaruh kredibilitas merek dan sensitivitas harga konsumen terhadap pemilihan merek pada kategori produk teh kemasan, variabel yang berpengaruh signifikan adalah kepercayaan, nama, image, dan sensitivitas. Sedangkan untuk model kategori produk shampoo, hanya variabel kualitas yang signifikan. Dan untuk kategori produk handphone CDMA, variabel yang signifikan mempengaruhi pemilihan merek adalah kualitas dan kepercayaan. Berdasarkan analisis regresi logistik binomial, model pengaruh kredibilitas merek dan sensitivitas harga terhadap pemilihan merek Teh Sosro adalah βx = -27,835 + 3,928.Kepercayaan + 3,998.Nama - 2,276.Sensitivitas; sedangkan untuk Teh Kotak adalah βx = -25,693 + 2,690.Kualitas + 2,445.Kepercayaan + 1,735.Nama + 1,458.Image; dan untuk Fruit Tea adalah βx = -13,489 + 1,828.Kualitas + 1,451.Kepercayaan - 1,352.Sensitivitas. Untuk model pemilihan merek Sunsilk adalah βx = -21,375 + 2,412.Kualitas + 2,145.Nama + 1,260.Image - 2,031.Sensitivitas; sedangkan untuk merek Pantene yaitu βx = -22,143 + 2,527.Kualitas + 1,614.Kepercayaan + 1,917.Nama; dan untuk merek Rejoice adalah βx = -15,229 + 2,683.Kualitas. Untuk model pemilihan merek Nokia adalah βx = -20,084 + 2,522.Kepercayaan + 2,783.Nama; sedangkan untuk merek Samsung yaitu βx = -28,342 + 2,543.Kualitas. Berdasarkan analisis regresi logistik multinomial, model pengaruh kredibilitas merek dan sensitivitas harga terhadap pemilihan merek pada kategori produk teh kemasan untuk merek Teh Sosro (logit 1) adalah g1(x) = -7,333 + 2,298.Kepercayaan Teh Sosro - 1,923.Nama Teh Sosro + 1,912.Image Teh Sosro; dan untuk merek Teh Kotak (logit 2) adalah g2(x) = -2,854 + 1,428.Kepercayaan Teh Sosro - 1,423.Kepercayaan Fruit Tea - 1,883.Nama Teh Sosro + 2,703.Nama Teh Kotak - 0,815.Sensitivitas; dengan merek Fruit Tea sebagai pembanding. Pada model pemilihan merek kategori produk shampoo untuk merek Sunsilk (logit 1) adalah g1(x) = 6,570 - 2,066.Kualitas Rejoice; dan untuk merek Pantene (logit 2) adalah g2(x) = 5,789 + 2,095.Kualitas Pantene - 3,101.Kualitas Rejoice; dengan merek Rejoice sebagai pembanding. Sedangkan pada model pemilihan merek kategori HP CDMA untuk merek Samsung (logit 2) adalah g2(x) = 1,376 -2,593.A_Motorola - 14,683.B_Nokia.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kredibilitas Merek, Sensitivitas Harga, Konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 04 Dec 2015 03:26 |
Last Modified: | 04 Dec 2015 03:26 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26302 |
Actions (login required)
View Item |