Halim, Sandro (2008) Pembuatan Aplikasi Permainan Mencari Kata Yang Tersembunyi Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TI_1139_Abstrak.pdf Download (59kB) | Preview |
Abstract
Pada kehidupan sehari-hari di masyarakat Indonesia, bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi kebanyakan adalah bahasa Indonesia. Sebagian besar orang tua sering berkomunikasi dengan anaknya menggunakan bahasa Indonesia. Bahasa yang digunakan di televisi nasional juga menggunakan bahasa Indonesia. Sehingga anak-anak dapat mengalami kesulitan untuk mempelajari bahasa lnggris. Pada tugas akhir ini disusun sebuah aplikasi permainan mencari kata yang tersembunyi untuk pembelajaran bahasa Inggris tingkat Sekolah Dasar. Inti dari permainan ini adalah menyusun kata dari sekumpulan huruf yang muncul secara acak dari kotak yang tersedia dimana kata yang dicari sudah ditentukan berdasarkan topik permainan yang dimainkan. Jumlah topik ada 12 topik yang terdiri dari 9 topik utama, 2 topik bonus, dan satu topik custom dimana pemain dapat memuat sendiri topik permainan yang akan dimainkan. Setiap kata yang ditemukan akan muncul penjelasan makna dan gambar dari kata tersebut. Pemain dapat melihat kembali kata-kata yang telah ditemukan pada topik-topik yang pernah dimainkan. Setiap topik memiliki tiga level permainan yaitu easy, normal, dan hard dimana tiap level memiliki dimensi papan permainan yang berbeda. Kata-kata yang muncul di setiap level tidak semuanya sama karena kata yang muncul di tiap level disesuaikan dengan dimensi papan dan tingkat kesulitan dari kata tersebut. Dari proses verifikasi dan validasi diperoleh hasil yang menyatakan bahwa program permainan ini menarik, dapat digunakan sebagai sarana hiburan, dapat membantu memperkenalkan kosa kata Bahasa Inggris yang barn kepada pemain, dapat membantu memperbanyak perbendaharaan kosa kata Bahasa lnggris pemain, merupakan permainan mengasah otak, dapat dijadikan tempat untuk belajar kosa kata Bahasa Inggris yang menyenangkan dan memiliki tombol navigasi yang cukup jelas. Saran pengembangan kedepan untuk program permainan ini adalah penambahan variasi bonus pada permainan, penambahan jurnlah custom game, penambahan fasilitas jaringan sehingga dapat dimainkan lebih dari satu orang, penambahan topik-topik lain yang lebih menarik, penambahan fasilitas hint untuk menemukan kata yang belum ditemukan, dan penambahan fasilitas untuk pemberian contoh dalam kalimat, bentuk past en dari kata keija, dan lain-lain.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Permainan |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 08:40 |
Last Modified: | 07 Dec 2015 08:40 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26328 |
Actions (login required)
View Item |