Christiana, Winny Merry (2015) Hubungan antara Stress Akademik dan Flow Akademik Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
UE_209_Abstrak.pdf Download (123kB) | Preview |
Abstract
Flow akademik merupakan kondisi yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa ketika mengerjakan tugas maupun melakukan aktifitas akademik. Ketika mahasiswa mampu mencapai kondisi flow yang optimal maka akan menghasilkan performa akademik sesuai yang diharapkan. Namun, tidak semua mahasiswa dapat mencapai kondisi flow akademik yang optimal. Salah satu yang menyebabkan sulitnya mahasiswa mencapai flow akademik yang optimal adalah stres akademik. Stres akademik merupakan kondisi tekanan yang dialami oleh mahasiswa yang disebabkan oleh tuntutan tugas maupun aktifitas akademik. Penelitian ini berfokus untuk menguji hubungan antara stres akademik dan flow akademik dengan mediator Temporal Motivation Theory (TMT) yang dikembangkan oleh Steel (2010). Subjek penelitian yang digunakan peneliti adalah 117 mahasiswa angkatan 2013 Fakultas Psikologi Universitas Surabaya dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket The flow Inventory for Student (LIS) untuk mengukur flow akademik, Educational St (ESSA) untuk mengukur stres akademik, serta Student Procrastination Scale (SPS) untuk mengukur TMT. Berdasarkan hasil penelitian, stres akademik tidak berhubungan dengan flow akademik (r = 0,071 dan sig. 0,450). Namun, terdapat tiga aspek stres yang berhubungan dengan flow akademik, yaitu worry about grades (r = 0,238 dan sig. 0,010) dan self expectantion (r = 0,237 dan sig. 0,010) yang berhubungan langsung, dan despondency melalui aspk TMT, yaitu low value (r = 0,224 dan sig. 0,015) dan impulsiveness ( r = 0,197 dan sig. 0,033). Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa tidak semua aspek stres akademik dapat berdampak negatif pada flow akademik. Namun juga terdapat dampak positif pada flow akademik, yaitu aspek worry about grades dan seft expectantion. Untuk dapat menangani stres akademik dan flow akademik yang optimal, mahasiswa diharapkan dapat merefleksikan performa akademik agar dapat mendorong dirinya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Selain itu, praktisi pendidikan dihapakan dapat merefleksikan metode pembelajaran yang telah diterapkan dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat menangani stres akademik pada mahasiswa.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stres akademik, Flow akademik, dan Temporal Motivation Theory (TMT) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Sugiarto |
Date Deposited: | 10 Dec 2015 06:12 |
Last Modified: | 10 Dec 2015 06:13 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26351 |
Actions (login required)
View Item |