PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK USAHA MIE PEDAS

Kurniawan, Robert and Rinawiyanti, Esti Dwi and Hartono, Markus (2015) PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK USAHA MIE PEDAS. In: Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri (SEMNASTI). Universitas Katolik Musi Charitas, Palembang. ISBN 978-602-73549-0-6

[img]
Preview
PDF
Perancangan Strategi Pemasaran_Abstrak_2015.pdf

Download (257Kb) | Preview
[img] PDF
Perancangan Strategi Pemasaran_2015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240Kb) | Request a copy
Official URL: http://sites.google.com/a/sttmusi.ac.id/musindeep

Abstract

Mie K!TA merupakan sebuah tempat makan dengan produk unggulan mie pedas. Dengan semakin bertambahnya pesaing yang menawarkan produk serupa, maka Mie K!TA perlu merancang strategi pemasaran yang tepat supaya mempunyai keunggulan bersaing dan tetap bertahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi variabel yang dipentingkan konsumen dalam memilih mie pedas, mengidentifikasi tingkat kepuasan konsumen terhadap produk dan pesaing, dan merancang perbaikan strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan. Pengambilan data primer melalui kuisioner yang dibagikan pada 100 responden. Dari analisa tingkat kepuasan dapat dibandingkan nilai rata-rata kepuasan konsumen Mie K!TA dan pesaing terdekat (Mie Pecun). Dari analisa manova diketahui bahwa ada perbedaan tingkat kepuasan antara Mie K!TA dan Mie Pecun. Berdasarkan analisis kuadran Mie K!TA terdapat lima variabel yang masuk dalam kuadran IV, yaitu bentuk dan penataan kurang menarik, adanya menu makanan baru secara berkala, desain interior ruangan menarik, kebersihan dalam depot, dan bentuk iklan menarik. Dari hasil analisa tersebut kemudian dirancang strategi pemasaran yang sesuai. Segmentasi pasar berdasarkan demografi dan perilaku; target yang dituju adalah konsumen yang datang bersama teman dan yang membeli mie pedas karena cita rasa makanannya; positioning dengan meranang tagline “jangan bilang doyan pedas kalau belum coba”; sedangkan diferensiasi yaitu diferensiasi produk dan diferensiasi layanan. Selanjutnya bauran pemasaran jasa yang meliputi 8P, yaitu: Product (kelengkapan menu yang bervariasi, kelengkapan tingkat level kepedasan), Place and time (jam buka depot yang sudah sangat cukup membuat konsumen merasa puas), Price (harga murah dan terjangkau), Promotion and Education (bonus khusus untuk konsumen yang menjadi member di Mie K!TA, Process (kecepatan penyajian makanan), Physical Evidence (buku menu makanan dan minuman jelas, area parkir yang luas sangat memuaskan konsumen), People (pegawai yang terampil), Productivity and Quality (memberikan menu makanan baru secara berkala supaya konsumen tidak bosan dengan menu yang ada saat ini).

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: mie pedas, makanan pedas, strategi pemasaran jasa
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 14 Dec 2015 08:22
Last Modified: 14 Dec 2015 08:22
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26373

Actions (login required)

View Item View Item