Tanudjaja, Ina Dewi (1992) Studi Perbandingan Tentang Norma-Norma Moral Pada Remaja Etnis Cina Yang Mendapatkan Pendidikan Agama Kristen Secara Intensif Dan Tidak Intensif Di Persekutuan Doa Di Surabaya Dan SMPK Petra 3 Pagi Su. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Manusia adalah mahluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Dalam rangka hidup bermasyarakat inilah muncul persoalan moral yang merupakan persoalan yang cukup sentral dan penting serta merupakan komponen dasar dari individu untuk bertindak sesuai dengan norma-norma moral yang berlaku dalam masyarakat. Berdasarkan permasalahan ini maka diadakan penelitian untuk mengetahui apakah ada perbedaan norma-norma moral pada remaja etnis Cina yang mendapatkan pendidikan agama Kristen secara intensif dan tidak intensif. Penelitian ini berdasarkan pada teori Kohlberg yang membahas tentang norma-norma moral yang dijabarkan dalam aspek-aspek kejujuran, ketaatan, disiplin, tanggung jawab, dan rasa kasih. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja beretnis Cina dari Persekutuan Doa Surabaya Praise Centre, Persekutuan Doa Syaloom, dan Teen Aglow di Surabaya, serta siswa-siswa etnis Cina yang beragama Kristen di SMPK Petra 3 Pagi Surabaya kelas I, II, dan III tahun akademik 1991-1992. Dari masing-masing kelompok diambil 33 orang dengan cara "purposivesampling". Metode penelitian yang digunakan adalah metode "cross-sectional" dan pendekatan yang digunakan adalah "psychological approach". Metode pengumpulan data menggunakan angket terpakai, yang setelah diperoleh hasilnya kemudian dihitung validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test dengan menggunakan Seri Program Statistik Uji-t Student, edisi Sutrisno Hadi dan Seno Pamardiyanto, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, Indonesia, versi IBM/90. Dari basil analisis data diperoleh bahwa ada perbedaan moral pada remaja etnis Cina yang mendapat pendidikan agama Kristen secara inten~if dan tidak intensif (t = 2,583; p < 0,05 yang berarti signifikan), juga ada perbedaan kejujuran (t = 2,080; p < 0,05 yang berarti signifikan), ada perbedaan ketaatan (t = 2,111; p < O,OS yang berarti signifikan), ada perbedaab tanggung jawab (t = 1,646; p < 0,05 yang berarti signifikan), dan ada perbedaan rasa kasih (t = 2,508; p < 0,05 yang berarti signifikan), namun untuk disiplin tidak ada perbedaan (t = 1,989; p > 0,05 yang berarti non signifikan).
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Sugiarto |
Date Deposited: | 06 Feb 2013 07:12 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 09:20 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/2639 |
Actions (login required)
View Item |