Hubungan Antara Prokrastinasi Akademik Dan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Psikologi-universitas Surabaya

OEMATAN, CHRISTINALIA SELVY (2013) Hubungan Antara Prokrastinasi Akademik Dan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Psikologi-universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of UE_184_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
UE_184_Abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232978

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk memperdalam pengetahuan mengenai dinamika psikologis yang mengaitkan antara prokrastinasi akademik dan prestasi akademik mahasiswa. Oleh karena itu dilakukan uji hubungan antara variabel prokrastinasi akademik dan prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi UBAYA. Selain itu penelitian ini dilakukan juga untuk melihat perbedaan prokrastinasi dan prestasi dari setiap angkatan. Prokrastinasi akademik diukur menggunakan tiga alat ukur, yaitu API, PASS-1 dan PASS-2. Sedangkan prestasi akademik diukur menggunakan IPK mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 509 mahasiswa yang terdiri dari angkatan 2008 hingga angkatan 2011. Berdasarkan hasil pengujian, diketahui bahwa prokrastinasi akademik berhubungan negatif dengan prestasi akademik mahasiswa, tergantung pada alat ukur dan angkatan kuliah. Semakin bawah angkatannya, semakin prokrastinasi dapat memengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Hasil dari masing-masing alat ukur yaitu: API (r = 0,015); PASS-1 (r = 0,019) dan PASS-2 (r = -0,186). Sedangkan prestasi setiap angkatan secara statistik memiliki rata-rata yang tidak berbeda, namun memiliki intensitas dan alasan prokrastinasi yang berbeda.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi Akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 05 Jan 2016 06:20
Last Modified: 05 Jan 2016 06:20
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26424

Actions (login required)

View Item View Item