Motivasi Akademik Sebagai Moderator Hubungan Antara Kemampuan Numerik dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Kelas X

Pramana, Adi (2015) Motivasi Akademik Sebagai Moderator Hubungan Antara Kemampuan Numerik dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Kelas X. Masters thesis, University of Surabaya.

[img]
Preview
PDF
MPSI_171_Abstrak.pdf

Download (34Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/240476

Abstract

Matematika sering dianggap siswa sebagai mata pelajaran yang sulit. Hal ini terlihat dari prestasi akademik siswa masih sering banyak yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (kkm). Prestasi belajar matematika merupakan hasil usaha seseorang dari suatu aktivitas mempelajari matematika, selama proses tersebut dilakukan. Banyaknya siswa yang mengikuti remidi setelah hasil ulangan siswa dibagikan, merupakan fenomena yang terjadi di sekolah Y khususnya siswa kelas X. Penelitian ini juga ingin melihat apakah prestasi belajar matematika ini dipengaruhi oleh faktor bawaan yaitu kemampuan numerik yang merupakan faktor intrinsik. Selain faktor intrinsik, peneliti juga ingin melihat berapa besar dampak motivasi akademik sebagai faktor ekstrinsik memberikan andil terhadap hubungan antara kemampuan numerik dengan prestasi belajar matematika. Hal inilah yang membuat peneliti ingin melihat peran motivasi akademik sebagai moderator yang mempengaruhi hubungan antara kemampuan numerik dan prestasi belajar matematika siswa SMA Y kelas X. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Y kelas X, dengan jumlah 103 siswa. Penelitian ini bersifat analisis kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kemampuan numerik, dan prestasi belajar matematika sebagai variabel tergantung serta motivasi akademik sebagai variabel moderator. Teknik pengambilan subyek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling. Dalam penelitian dilakukan pengambilan data primer dan data sekunder. Data primer ini dalam pengumpulan datanya digunakan metode angket yang terdiri dari angket terbuka dan angket tertutup. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa kemampuan numerik memberikan sumbangan yang cukup besar yaitu 21.4% dengan R=0.463, dan p=0.000 prestasi matematika siswa SMA Y kelas X dipengaruhi oleh faktor bawaan atau bakat yaitu kemampuan numerik, akan tetapi hubungan kemampuan numerik dengan prestasi belajar matematika SMA Y kelas X ini tidak dimoderatori dengan motivasi akademik dengan p=0.765. Penelitian ini menunjukkan begitu pentingnya kemampuan numerik dalam peningkatan prestasi belajar matematika siswa SMA kelas x ,tanpa dipengaruhi motivasi akademik sebagai moderator. Pelajaran matematika akan lebih mudah dipelajari oleh orang-orang yang mempunyai kemampuan numerik yang tinggi. Sebab dengan kemampuan numerik yang tinggi berarti mempunyai kecakapan dalam operasi hitung- menghitung lebih baik, hal ini disebabkan sebagian besar materi matematika membutuhkan banyak penghitungan dan kemampuan khusus dalam berprestasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: academic motivation, numerical ability
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 20 Jan 2016 07:17
Last Modified: 20 Jan 2016 07:17
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26538

Actions (login required)

View Item View Item