Hubungan antara Persepsi Terhadap Perilaku Caring Guru dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa SMA

Triono, . (2015) Hubungan antara Persepsi Terhadap Perilaku Caring Guru dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa SMA. Masters thesis, University of Surabaya.

[img]
Preview
PDF
MPSI_173_Abstrak.pdf

Download (111Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/240479

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menguji tentang variabel psikologis eksternal yang berperan dalam motivasi belajar siswa yaitu persepsi terhadap perilaku caring guru dan dukungan sosial teman sebaya. Di samping itu penelitian ini juga ingin mengetahui bagaimana dinamika caring guru dan dukungan sosial teman sebaya bisa berdampak pada motivasi belajar siswa. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan koefisien korelasi ganda (R) = 0,491, F = 21,740, p = 0,000 (p < 0,01). Ini berarti ada hubungan antara persepsi terhadap perilaku caring guru dan dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar. Motivasi belajar dapat dijelaskan sebesar 23% oleh persepsi terhadap perilaku caring guru dan dukungan sosial teman sebaya. Secara parsial persepsi terhadap perilaku caring guru mempunyai sumbangan efektif 17,5.% dan dukungan sosial teman sebaya 8,4%. Berdasarkan temuan penelitian tersebut, siswa disarankan untuk lebih meningkatkan persepsi terhadap perilaku caring guru dan dukungan sosial teman sebaya serta mempunyai dukungan sosial untuk teman sebaya yang lain. Guru seyogyanya meningkatkan caring guru dan sekolah mengadakan forum diskusi ilmiah untuk membahas perilaku caring guru dan meningkatkan peran tutor teman sebaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, perilaku caring guru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 21 Jan 2016 03:09
Last Modified: 21 Jan 2016 03:09
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26544

Actions (login required)

View Item View Item