Penyusunan Modul The Great Employee untuk Meningkatkan Keterikatan Kerja Pada Pegawai Hotel

Hapsari, Prestisia Noviarta (2015) Penyusunan Modul The Great Employee untuk Meningkatkan Keterikatan Kerja Pada Pegawai Hotel. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MPSI_183_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MPSI_183_Abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/240490

Abstract

Perhotelan merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam jasa pelayanan. Adanya sumber daya manusia yang berkompeten dan mempunyai kinerja yang memuaskan akan menghasilkan pelayanan yang optimal kepada tamu. Pelayanan yang optimal dan memuaskan didapat dari adanya keterikatan kerja yang dimiliki oleh masing-masing pegawai. Tetapi berdasarkan hasil pemeriksaan pada hotel “S”, diketahui bahwa masih terdapat kekurangan pada keterikatan kerja dalam diri beberapa pegawai. Hal ini menyebabkan kinerja yang dihasilkan kurang memuaskan. Tujuan dalam penelitian ini adalah penyusunan sebuah modul The Great Employee, sebagai upaya untuk meningkatkan keterikatan kerja pegawai dan mengetahui manfaat dari modul yang telah dibuat. Subjek penelitian ini adalah 10 orang pegawai hotel “S”. Metode asesmen yang digunakan adalah metode wawancara. Fokus dalam penelitian ini adalah penyusunan rangkaian modul yang terkait dengan faktor-faktor pendukung atau strategi peningkatan keterikatan kerja. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling¸ sehingga pengambilan sampel didasarkan pada tujuan dan kriteria. Kriteria dalam pengambilan sampel adalah subjek yang telah bekerja selama kurang lebih 5 tahun. Analisa data hasil penelitian dianalisa dengan menguraikan hasil wawancara yang didapat dan kemudian memetakan kondisi yang ada dalam hotel “S”. Hasil penelitian ini adalah bahwa faktor-faktor yang memengaruhi keterikatan kerja dalam diri pegawai adalah makna kerja, self-efficacy, optimisme, organizational citizenship behavior, dukungan sosial, dan umpan balik kerja. Selain itu, manfaat yang akan diterima oleh pegawai adalah pegawai mendapatkan pemahaman baru mengenai peningkatan keterikatan kerja yang dapat diaplikasikan kedalam proses kerja pegawai.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keterikatan Kerja, Pelayanan Optimal, Modul
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 21 Jan 2016 08:28
Last Modified: 21 Jan 2016 08:28
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26545

Actions (login required)

View Item View Item