Analisis Praktik Etika Bisnis oleh Bagian Marketing Terhadap Customer Care dan Customer Satisfaction agar Kompetitif bagi PT X di Surabaya

Ivana, Yaenera Rifni (2008) Analisis Praktik Etika Bisnis oleh Bagian Marketing Terhadap Customer Care dan Customer Satisfaction agar Kompetitif bagi PT X di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
AK_2269_Abstrak.pdf

Download (193Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133898

Abstract

Dalam praktik etika bisnis Ward dkk (1993), mengungkapkan bahwa etika sebenamya meliputi suatu proses penentuan yang kompleks tentang apa yang harus dilakukan sescorang dalam situasi tertentu. Proses itu sendiri meliputi penyeimbangan pertimbangan sisi dalam {inner) dan sisi luar (outter) yang disifati oleh kombinasi unik dari pengalaman dan Juga pembelajaran masing-masing individu. Kemudian Chua dkk (1994), dalam konteks etika profesi, mengungkapkan bahwa etika profesional juga berkaitan dengan perilaku moral. Perilaku moral di sini lebih terbatas pada pengertian yang meliputi kekhasan pola etis yang diharapkan untuk profesi tertentu. Setiap badan usaha akan berusaha untuk melakukan berbagai cara untuk mencapai apa yang disebut dengan customer satisfaction. Namun Customer di masa sekarang jauh lebih complicated dibandingkan dengan customer dahulu,. dikarenakan mereka sekarang Jebih aware terhadap isu-isu produk. keamanan bagi lingkungan ataupun praktik etika bisnis yang tidak sehat. Semua itu dikarenakan para customer berusaha agar mereka tidak dirugikan dari praktik etika bisnis yang tidak sehat dalam suatu perusahaan. Selain isu lingkungan, aspek ekonomi, moral dan hukutn memberikan dampak yang cukup besar bagi berkembangnya bisnis saat ini. Dalam praktik customer care sendiri di Indonesia hak-hak konsumen makin diperhatikan dengan adanya lembaga yang khusus concern dalam melindungi customer seperti YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) Dalam menghadapi persaingan yang semakin kompetitit: perusahaan harus Jebih concern dalam menentukan faktor yang menjadi daya saing, disinilah peran tenaga marketing menjadi sangat vital dari segi pemasaran produk dan service. Dari praktik etika bisnis yang mempertimbangkan keunggulan kompetitif berdasarkan etika da1am bauran pemasaran (marketing mix) inilah akan diteliti lebih Ianjut, apakah faktor kompetitif yang dimiJiki, serta praktiknya oleh bagian marketing dalam customer care sesuai dengan customer satisfaction, sehingga bisa dikatakan bahwa kesesuaian tersebut adalah merupakan bukti bahwa badan usaha disebut kompetitif

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Etika bisnis, customer care, customer satisfaction, concern, yayasan lembaga konsumen indonesia, YLKI
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 03 Feb 2016 03:24
Last Modified: 03 Feb 2016 03:24
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26606

Actions (login required)

View Item View Item