Pemetaan Beban Kerja dan Perancangan Kerja Pada Departemen Operasional Bank X Kantor Pusat Surabaya

Oei, Natalia Willem (2015) Pemetaan Beban Kerja dan Perancangan Kerja Pada Departemen Operasional Bank X Kantor Pusat Surabaya. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MPSI_197_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MPSI_197_Abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/240519

Abstract

Organisasi atau perusahaan yang baru berkembang maupun telah maju tidak dapat lepas dari peran sumber daya manusia yang berada di dalam organisasi/perusahaan (Helianty, 2014). Oleh karena itu penting untuk mengelola sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dengan baik. Berdasarkan hasil wawancara awal yang dilakukan, terdapat beberapa perubahan di bagian operasional kantor pusat Bank X Surabaya dalam beberapa tahun terakhir. Perubahan tersebut dalam hal struktur organisasi, perubahan uraian pekerjaan, penambahan layanan elektronik banking, dan juga standar service excellence. Beberapa perubahan ini menyebabkan perubahan pada beban kerja karyawan. Selain itu, manajer HRD mengakui adanya kebutuhan analisa beban kerja untuk pemetaan kebutuhan tenaga kerja. Adapun sistem rekrutmen di kantor pusat Bank X saat ini berdasarkan karyawan yang keluar, tidak berdasarkan perhitungan ilmiah apakah memang jabatan tersebut membutuhkan penambahan karyawan atau tidak. Oleh karena itu penting dilakukan analisis beban kerja untuk mengukur beban kerja karyawan secara fisik dan memetakan kebutuhan tenaga kerja. Pengukuran juga dilakukan terhadap beban mental karyawan untuk mengetahui persepsi mengenai beban kerjanya. Metode penelitian ini adalah wawancara, kuesioner/angket dan studi dokumen. Wawancara dilakukan pada tahap pra asesmen untuk mengetahui permasalahan di Bank X dan untuk mengukur penggunaan waktu penyelesaian pekerjaan karyawan. Wawancara juga dilakukan untuk pembuatan uraian pekerjaan salah satu jabatan yaitu kepala seksi teller. Kuesioner menggunakan NASA-TLX untuk mengukur beban kerja mental. Studi dokumen dilakukan untuk mempelajari uraian pekerjaan karyawan sebagai dasar pengumpulan data beban kerja. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar karyawan mengalami underload dan memiliki beban kerja mental yang tergolong sedang. Intervensi yang disarankan adalah job enlargement dan job rotation.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: beban kerja fisik, beban kerja mental, underload, overload, job design.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 03 Feb 2016 07:36
Last Modified: 03 Feb 2016 07:36
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26614

Actions (login required)

View Item View Item