Studi Eksploratori Service Convenience Garuda Indonesia di Surabaya

Hartanto, Kris (2010) Studi Eksploratori Service Convenience Garuda Indonesia di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4714_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4714_Abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/131967

Abstract

Berdasarkan jwnlah penumpang domestik tahun 2007, Garuda Indonesia menempati posisi sebagai pemimpin pasar karena memiliki jwnlah penumpang tertinggi dibandingkan maskapai lain untuk rute domestik Service convenience menggambarkan kenyamanan dari suatu layanan yang dinilai dari waktu dan usaha yang dibutuhkan untuk merasakan suatu layanan. Semakin sedikit waktu dan usaha yang dibutuhkan atau dikeluarkan untuk merasakan suatu layanan, maka layanan tersebut akan dinilai semakin nyaman. Garuda Indonesia telah mengupayakan berbagai cara untuk menghantarkan service convenience pada para konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk menggali lebih dalam tentang service convenience Garuda Indonesia di Surabaya. Penelitian ini menggunakan lingkup bahasan pada service convenience Garuda Indonesia di Surabaya, yang diukur berdasarkan limajenis service convenience menurut Berry, et al. (2002:6), yaitu: decision convenience, access convenience, transaction convenience, benefit convenience dan postbenefit convenience. Berdasarkan hasil penelitian yang bertujuan mengeksplorasi service convenience Garuda Indonesia di Surabaya, diperoleh beberapa ringkasan temuan sebagai berikut. Decision convenience Garuda Indonesia dinyatakan dalam bentuk: pemesanan tiket yang mudah dan cepat, tiket tersedia di banyak tempat, mudah mendapatkan info penerbangan, dan cepat mendapatkan info penerbangan. Access convenience Garuda Indonesia dinyatakan dalam bentuk: proses check-in yang mudah dan cepat, karyawan yang cekatan, dan penimbangan bagasi yang cepat. Transaction convenience Garuda Indonesia dinyatakan dalam bentuk: proses pembayaran yang mudah dan cepat serta banyak altematif cara pembayaran. Benefit convenience Garuda Indonesia dinyatakan dengan penerbangan yang ontime, banyak pilihan jam keberangkatan, tidak terlalu lama menunggu di pesawat, dan ruang tunggu yang nyaman. Post-benefit convenience dinyatakan dengan pengambilan bagasi yang mudah dan cepat, tidak pemah ada masalah dengan bagasi, komplain bagasi mudah dan cepat, serta masalah bagasi cepat diselesaikan. Hasil penelitian juga mengungkapkan service convenience Garuda Indonesia yang dirasakan oleh sebagian besar responden di Surabaya, antara ·lain: Proses pembayaran yang mudah dan penerbangan yang ontime adalah service convenience yang dirasakan oleh semua responden. Responden mempersepsikan layanan yang memberikan kenyamanan dari Garuda Indonesia karena proses pembayaran yang mudah dan penerbangan yang ontime sehingga tidak membuang waktu responden untuk menunggu.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: service convenience, decision convenience, access convenience,
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 05 Feb 2016 05:41
Last Modified: 05 Feb 2016 05:41
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26629

Actions (login required)

View Item View Item