Studi Eksploratori Impulsif Buying Wisatawan Surabaya saat Berwisata Belanja di Orchard Road Singapura

Sunandar, Rois (2010) Studi Eksploratori Impulsif Buying Wisatawan Surabaya saat Berwisata Belanja di Orchard Road Singapura. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4793_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4793_Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/132584

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pendalaman dan pemahaman tentang perilaku Impulsive Buying wisatawan Surabaya. Dimana tempat wajib bagi para pelancong yang gemar belanja adalah Orchard Road yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Orchard Road Singapura adalah kawasan belanja yang sangat favorit dan wajib dikunjungi oleh wisatawan yang gemar melakukan belanja karena berbagai macam kebutuhan terdapat disini mulai barang bermerek hingga barang tak bermerek. Singapura merupakan satu-satunya negara di Asia yang berhasil masuk sepuluh besar, mengalahkan Hong Kong yang berada di peringkat 12 Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Rook yaitu pembelian Impulsive Buying dijelaskan sebagai pembelian yang tidak direncakan dan tiba-tiba, yang dimulai di tempat pembelian, dan disertai dengan dorongan yang sangat kuat dan perasaan kesenangan dan kegembiraan. Perilakunya dapat dilihat melalui dua aspek seperti yang dikatakan Verplanken and Herrabadi bahwa pembeli impulsif memiliki pengalaman belanja yang cukup berbeda daripada para pembeli yang bukan impulsif, keduanya pada tingkat kognitif dan afektif. Jenis Penelitian adalah studi eksploratori. Sumber data yang digunakan adalah data primer, yaitu data yang diperoleh secara langsung melalui depth interview dengan informan. Teknik pengambilan sampel berupa wisatawan Surabaya saat berwisata belanja di Orchard Road Singapura adalah non--probability sampling. Jenis non--probability sampling adalah snowball sampling, yaitu dengan memilih informan yang lebih di kenai dengan peneliti kemudian informan yang dipilih merefrensikan informan yang lain untuk diwawancarai oleh peneliti sesuai dengan karakteristik populasi. Dari penelitian ini ditemukan beberapa basil penelitian dan temuan barang-barang yang dibeli secara impulsif dan alasan informan untuk membeli dan mengkonsumsi barang atau jasa secara impulsif. Dari segi kognitif faktor yang dikemukakan oleh informan adalah: Pertimbangan pada barangnya bermerek, model terbaru yang belum pernah ada di Indonesi~ barang yang di beli dapat di gunakan sebagai penyaluran hobby, dapat digunakan dalam menunjang fashion, harga murah dan ada bonus tambahan. Dari segi afektif faktor yang dikemukakan oleh informan adalah: Barang yang unik serta jarang ada di tempat lain, barang yang di jual memiliki wama yang di sukai, bangga ketika memiliki barang yang dibeli dan adanya diskon harga. Itulah beberapa alasan baik segi kognitif dan afektif yang di kemukakan informan saat melakukan impulsive buying.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Impulsive Buying.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 09 Feb 2016 04:26
Last Modified: 09 Feb 2016 04:26
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26638

Actions (login required)

View Item View Item