Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Disonansi Kognitif Konsumen Pemilik Notebook Acer di Surabaya

Lauwatie, Agustina (2009) Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Disonansi Kognitif Konsumen Pemilik Notebook Acer di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4740_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4740_Abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/132385

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor pembentuk disonansi kognitif konsumen pemilik Notebook Acer di Surabaya setelah konsumen membeli notebook tersebut. Disonansi kognitif memiliki tiga dimensi yaitu, emotional, wisdom of purchase, dan concern over the deal. Dimensi Emotional diukur melalui perasaan konsumen yang meliputi: telah membuat sesuatu yang salah, putus asa, menyesal, kecewa dengan diri sendiri, takut menanggung resiko, hampa, marah, cemas atau khawatir, kesal atau jengkel, frustas~ sakit hati, depresi,marah dengan diri sendiri, muak, dan mendapat masalah setelah konsumen memilih atau membeli Notebook Acer. Dimensi wisdom of purchase diukur melalui perasaan konsumen yang meliputi: telah melakukan hal yang tidak tepat untuk membeli Notebook Acer, tidak membutuhkan Notebook Acer, seharusnya tidak perlu membeli suatu apapun, dan telah membuat pilihan notebook yang tidak tepat sedangkan dimensi concern over the deal diukur melalui perasaan konsumen yang meliputi: terkejut bahwa konsumen telah melakukan kesalahan dengan persetujuan jual-beli yang telah dibuat, telah melakukan suatu ketololan, dan terkejut bahwa tenaga penjual telah membuat konsumen bingung setelah konsumen membeli Notebook Acer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan sampel yaitu sejumlah responden yang pernah membeli dan mengunakan Notebook Acer dan mengalami disonansi kognitif terhadap produk notebook yang telah dibeli tersebut. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebesar 100 responden. Pengolahan data dilakukan secara computerized melalui analisis faktor dengan bantuan program statistik SPSS 15,0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam faktor pembentuk disonansi kognitif konsumen pemilik Notebook Acer di Surabaya yaitu faktor merasakan gangguan mentalitas yang berat akibat pembelian, faktor kemarahan akibat pembuatan pilihan notebook yang tidak tepat, faktor keputusasaan karena membuat sesuatu yang salah, faktor penyesalan karena tenaga penjual yang membingungkan, faktor seharusnya tidak melakukan persetujuan jual-beli yang salah, dan faktor kekecewaan terhadap diri sendiri akibat masalah dan risiko yang dihadapi .

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Emotional, Wisdom of Purchase, Concern Over the Deal
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 12 Feb 2016 09:45
Last Modified: 12 Feb 2016 09:45
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26701

Actions (login required)

View Item View Item