Markov Chain Analysis Peramalan Pangsa Pasar dan Pola Perpindahan Merek Berdasarkan Persepsi Konsumen pada Produk Shampo di Surabaya

Christina, Olivia (2009) Markov Chain Analysis Peramalan Pangsa Pasar dan Pola Perpindahan Merek Berdasarkan Persepsi Konsumen pada Produk Shampo di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4645_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4645_Abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/131727

Abstract

Shampo boleh dibilang merupakan salah satu kategori produk dengan tingkat persaingan yang sangat ketat. Sebagai barang konsumsi produk shampo dibutuhkan semua orang, tanpa terkecuali. Semakin beragamnya merek shampo saat ini telah mendorong konsumen sedikit banyak mempunyai keinginan untuk beralih ke merek lain. Bahkan, persaingan di kategori ini diperkirakan tidak akan pemah berakhir. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui prediksi pangsa pasar shampo di Surabaya pada 2009. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan conveniance sampling technique dengan 220 responden (konsumen shampo). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data yang didapat diolah menggunakan Metode Rantai Markov (Markov Chain) untuk mengetahui bagaimana pola perpindahan konsumen. Pola perpindahan oleh konsumen tersebut digunakan untuk meramalkan/memprediksi pangsa pasar tiap -tiap merek. Sebagai hasil dari penelitian, Pantene diprediksi memilki pangsa pasar 32.1%, Sunsilk 18.6%, Rejoice 10.8%, Clear 14.9%, Dove 9.1%, merek lain 14.4%.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Pangsa pasar, Brand Switching, Shampo, Markov Chain
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 16 Feb 2016 04:33
Last Modified: 16 Feb 2016 04:33
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26719

Actions (login required)

View Item View Item