Analisis Biaya Kualitas dalam Mendukung Perbaikan Kualitas Produk PT. K di Gresik

Wibowo, Antonius (2009) Analisis Biaya Kualitas dalam Mendukung Perbaikan Kualitas Produk PT. K di Gresik. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_2422_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_2422_Abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/155373

Abstract

Dunia bisnis tidak terlepas dari adanya persaingan antar badan usaha. Baik dalam satu wilayah maupun dalam wilayah yang berbeda khususnya pada badan usaha sejenis. Untuk menghadapi persaingan, diperlukan adanya daya saing produk yang dihasilkan. Salah satu cara untuk meningkatkan daya saing adalah dengan menghasilkan produk yang berkualitas. Penelitian ini akan membahas penerapan biaya kualitas dan melakukan analisis terhadap laporan biaya kualitas yang dihasilkan untuk memberikan informasi manajerial dalam membantu perbaikan kualitas produk. Dalam menghasilkan laporan biaya kualitas diperlukan beberapa tahap yang harus dilakukan. T ahap-tahap terse but digunakan untuk mengolah biaya-biaya dalam aktivitas pengendalian kualitas yang dilakukan mulai dari penerimaan bahan baku hingga menjadi produk jadi. Hasil dari olahan biaya-biaya pengendalian kualitas yang berupa laporan biaya kualitas tersebut dapat digunakan untuk melakukan analisis. Analisis tersebut digunakan untuk melihat bagian-bagian yang membutuhkan perhatian lebih dalam hal kualitas, biaya-biaya yang telah digunakan dalam aktivitas pengendalian kualitas maupun sebagai evaluasi terhadap hasil dari pengendalian kualitas untuk melakukan perbaikan yang dibutuhkan. Dalam melakukan perbaikan kualitas, terdapat beberapa tahap perkembangan pihak manajemen terhadap kualitas. Dalam tahap-tahap tersebut menggambarkan tumbuhnya kesadaran manajemen akan kualitas mulai dari tidak tahu soal kualitas, mulai mengetahui kualitas namun tidak menerapkan pengendalian kualitas khususnya untuk pengendalian kualitas jangka panjang, hingga menerapkannya dan melanjutkannya disertai dengan masukan ataupun saran untuk perbaikan yang berkelanjutan hingga dapat dicegahnya semua masalah yang berkaitan dengan kualitas.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Kualitas, biaya kualitas, biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal, biaya kegagalan ekstemal, analisis biaya kualitas, perbaikan kualitas.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 22 Feb 2016 05:07
Last Modified: 22 Feb 2016 05:07
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26768

Actions (login required)

View Item View Item