Analisis Profitabilitas Pelanggan Guna Meningkatkan Penjualan pada PT. X di Surabaya

Tjeng, Siok Lie (1996) Analisis Profitabilitas Pelanggan Guna Meningkatkan Penjualan pada PT. X di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_527_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_527_Abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/241025

Abstract

Adanya paket deregulasi mendorong penerapan strateji-strateji yang dapat menempatkan badan usaha pada posisi yang kompetitif dan mampu mencapai sasaran atau tujuan yang ditetapkan. Tantangan yang dihadapi oleh para distributor terutama distributor obat-obatan semakin berat sehingga memerlukan informasi yang akurat agar dapat mengetahui potensi yang dimiliki oleh masing-masing pelanggan. Sumber daya yang dimiliki oleh badan usaha harus digunakan secara efektif yang berarti menuntut badan usaha untuk lebih menga-rahkan usaha-usaha penjualannya ke pelanggan-pelanggan yang menguntungkan serta berusaha mengubah pelanggan-pelanggan yang kurang menguntungkan menjadi pelanggan-pelanggan yang menguntungkan melalui tindakan-tindakan dalam hal harga, pengenalan keistimewaan produk baru, perbaikan hubungan dengan pelanggan. Untuk dapat membebankan biaya-biaya ke pelanggan dengan akurat, digunakan metoda Activttity Based Costing. Ruang lingkup pembahasan dalam skripsi ini meliputi kelompok pelanggan Kota Surabaya, Malang dan Tulungagung. Pelanggan yang ada dikelompokkan menurut jenisnya dari pada masing-masing kelompok diterapkan analisis profitabilitas. Hasil dari analisis profita-bilitas pelanggan yang dilakukan diperoleh informasi mengenai marjin laba tiap-tiap kelompok pelanggan yang menunjukkan adanya penyebaran laba yang luas dimana untuk Kota Surabaya penyebarannya -9,73% sampai 10,81% dengan kelompok pelanggan yang paling menguntungkan adalah Toko Obat (10,81%) dan kelompok Veteriner (-9.73%) yang merupakan pelanggan yang paling tidak menguntungkan. Untuk Kota Malang penyebarannya -2,58% sampai 4.08% dengan kelompok pelanggan jenis Apotik (4,08%) yang paling menguntungkan dan kelompok pelang-gan Veteriner (-2,58%) yang paling tidak menguntung-kan. Untuk kota Tulungagung semua pelanggannya mengun-tungkan dengan penyebaran laba antara 3,41% sampai 13,36%. Grosir merupakan kelompok pelanggan yang paling menguntungkan dengan marjin laba yang tertinggi yaitu 13,36%, diikuti pelanggan TO (12,85%), Peternak (5,04%) dan kelompok pelanggan terakhir Apotik dengan marjin laba 3,41%. ...

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 24 Feb 2016 07:55
Last Modified: 24 Feb 2016 07:56
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26800

Actions (login required)

View Item View Item