PENERAPAN ALGORITMA AFOPT UNTUK MARKET BASKET ANALYSIS PADA MINI MARKET “OMI”

Prasetio, Denny and Limanto, Susana and Benarkah, Njoto (2015) PENERAPAN ALGORITMA AFOPT UNTUK MARKET BASKET ANALYSIS PADA MINI MARKET “OMI”. In: Snastia 2015, 24 Oktober 2015, Ubaya.

[img] PDF
Makalah Market Basket Analysis.docx - Published Version

Download (132Kb)

Abstract

“OMI” adalah sebuah toko yang menjual berbagaibarang kebutuhan sehari – hari, seperti snack, minuman botol, tissue, dan alat tulis. Untuk meningkatkan volume penjualan ”OMI”, salah satu strategi yang akan digunakan adalah mengatur letak barang pada rak dengan susunan tertentu atau memberikan promosi atas pembelian barang tertentu Adanya informasi mengenai barang yang biasa dibeli bersamaan oleh konsumen dapat digunakan untuk mendukung pelaksanaan strategi ini. Informasi mengenai barang yang biasa dibeli bersamaan oleh konsumen diperoleh dengan melakukan market basket analysis atas data penjualan sebelumnya. Jumlah data yang besar tidak memungkinkan untuk melakukan analisis secara manual, untuk itu pada penelitian ini dibuat sebuah program untuk membantu melakukan market basket analysis dengan metode AFOPT. Uji coba dilakukan terhadap data transaksi selama 3 bulan yang diaplikasikan dengan memberikan nilai minimum support mulai dari 1% sampai dengan 20% untuk mengetahui waktu proses yang diperlukan oleh aplikasi untuk menemukan frequent itemset. Hasil ujicoba atas program yang telah dibuat menunjukkan bahwa program dapat memberikan informasi mengenai barang yang biasa dibeli secara bersamaan oleh konsumen secara informatif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: market basket analysis, cross-selling, AFOPT
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Susana 6169
Date Deposited: 07 Mar 2016 02:44
Last Modified: 07 Mar 2016 02:44
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26889

Actions (login required)

View Item View Item