Entrepreneurial Orientation and Social Capital in Pricing Strategy: A Case of Small Enterprises in East Java

Suyanto, Suyanto and Pratono, Aluisius Hery (2015) Entrepreneurial Orientation and Social Capital in Pricing Strategy: A Case of Small Enterprises in East Java. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 18 (3). pp. 1-22. ISSN 1979-6471

[thumbnail of journal article]
Preview
PDF (journal article)
Suyanto dan Pratono 2015.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of Aluisius Hery Pratono_Entrepreneurial orientation and social capital_2015_Revisi.pdf]
Preview
PDF
Aluisius Hery Pratono_Entrepreneurial orientation and social capital_2015_Revisi.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL / DOI: http://ejournal.uksw.edu/jeb/id/tentang-jeb

Abstract

Penelitian ini mengkaji dampak orientasi kewirausahaan dan modal insani terhadap strategy penetapan harga perusahaan-perusahaan kecil di Jawa Timur. Metode penelitian campuran antara analisis kuantitatif dan analisis kualitatif dipergunaan untuk menganalisis 168 perusahaan kecil. Temuan utama dari analisis kualitatif adalah perusahaan kecil cenderung menetapkan harga rendah untuk produk-produk mereka, diskon diberikan kepada pelanggan yang loyal, sistem penetapan harga transfer berdasarkan biaya produksi, adanya hubungan yang dekat antara pekerja dan pemilik dan antar pekerja, keagresifan bukanlah merupakan ciri perusahaan kecil. Temuan utama dari analisis kuantitatif ada tiga, yaitu (1) keagresifan dalam inovasi produk dan otonomi dalam pengambilan risiko merupakan dua ukuran orientasi kewirausahaan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan kecil di Jawa Timur dalam menetapkan harga produk baru; (2) baik agresifitas dalam inovasi dan otonomi dalam pengambilan risiko menentukan program pemasaran (salah satu ukuran penetapan harga) di perusahaan-perusahaan kecil; (3) sharing tujuan merupakan faktor kunci dalam modal insani yang sangat mempengaruhi komunikasi yang baik dengan pelanggan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: orientasi kewirausahaan, modal insani, strategi penetapan harga, perusahaan kecil
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Depositing User: Suyanto 3198
Date Deposited: 10 Mar 2016 02:11
Last Modified: 21 Aug 2020 03:08
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26892

Actions (login required)

View Item View Item