Perancangan Permainan Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Hitung Satuan Waktu (Jam) untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas 3 di Surabaya

Suryono, Yurina Hapsari (2014) Perancangan Permainan Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Hitung Satuan Waktu (Jam) untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas 3 di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of DMP_133_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
DMP_133_Abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/241006

Abstract

Waktu erat hubungannya dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran mengenai hitung satuan waktu (jam) dimulai sejak di bangku Sekolah Dasar, khususnya saat kelas 3. Pemberian materi pelajaran yang hanya diberikan sebatas teori akan sulit untuk dipahami oleh siswa dan menimbulkan kebosanan dalam proses belajar. Seperti pada teori Cone of Experience oleh Dale yang menyebutkan bahwa pemberian materi pelajaran akan dapat lebih dipahami apabila anak mempraktekannya secara langsung. Itulah mengapa peran sarana bantu pembelajaran sangat diperlukan. Sarana pembelajaran yang baik adalah sarana yang dapat dipahami secara jelas oleh pengguna, yang dalam hal ini adalah guru dan murid. Sarana pembelajaran dapat berupa alat peraga maupun permainan edukasi. Permainan edukasi membuat proses belajar lebih menyenangkan karena anak dapat belajar sambil bermain. Sarana pembelajaran untuk materi hitung satuan waktu yang ada saat ini hanyalah berupa jam analog yang jarum panjang dan pendeknya dapat digerakan secara manual. Hal ini dirasa kurang efektif dalam membantu siswa untuk mempelajari dan memahami hitung satuan waktu (jam). Tikitok merupakan permainan edukasi mengenai hitung satuan waktu (jam). Tikitok mengusung konsep fun, imajinatif, dan interaktif. Fun yang dimaksud disini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode permainan akan dapat berlangsung secara lebih seru dan menyenangkan. Dilengkapi dengan bentuk permainan yang simpel dan sesuai dengan alat transportasi model kapal yang sudah dikenali sehingga membuat anak dapat memainkan imajinasinya. Permainan ini dirancang untuk dapat menimbulkan interaksi antara siswa dengan pendamping ataupun antara siswa dengan siswa. Oleh sebab itu, Tikitok diharapkan dapat memenuhi tujuannya sebagai media pembelajaran hitung satuan waktu (jam).

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: waktu, sarana pembelajaran, permainan edukatif
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Product Design and Management
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 08 Mar 2016 07:35
Last Modified: 11 Mar 2016 01:52
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26910

Actions (login required)

View Item View Item