Uji Efek Rimpang Jahe Merah (Zingiber officinale Roxb.Var.Rubrum) Terhadap Libido Kelinci Jantan

Sintya, Theresia (2006) Uji Efek Rimpang Jahe Merah (Zingiber officinale Roxb.Var.Rubrum) Terhadap Libido Kelinci Jantan. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_2027_1020809_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_2027_1020809_Abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/149800

Abstract

Telah dilakukan penelitian terhadap rimpang jahe merah (Zingiber o.fftcinale Roxb. Var. Rubrum) sebagai Aphrodisiac (obat lemah syahwat). Parameter uji yang diamati adalah jumlah aktivitas pendekatan (introduction), menunggang (climbing) dan kawin (coitus) selama 1 jam. Hewan coba yang digunakan adalah kelinci (Oryctolagus cuniculus), dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok uji. Kelompok kontrol diberi aquadem 6 ml/kg BB dan kelompok diberi rimpang jahe merah 3 glkg BB dalam ekstrak 50%. Pengamatan dilakukan setiap hari selama 10 hari dalam waktu 1 jam setelah pemberian rimpang jahe merah 3 glkg BB dalam ekstrak 50%. Analisa statistik yang digunakan adalah uji t bebas, untuk mengetahui signifikasi perbedaan efek karena faktor perlakuan dengan membandingkan rata-rata daerah di bawah kurva (DDK). Dari hasil analisis terdapat perbedaan bermakna antara kelompok kontrol dan kelompok uji, dimana pengaruh rimpang jahe merah lebih besar terhadap libido kelinci jantan hila dibandingkan dengan aquadem. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa rimpangjahe merah (Zingiber o.lftcinale Roxb. Var. Rubrum) dapat meningkatkan libido kelinci jantan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Afrodisiak, libido, kelinci (Oryctolagus cuniculus), jahe merah (Zingiber o.fftcina/e Roxb. Var. Rubrum)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Jumagi 197012
Date Deposited: 16 Mar 2016 06:31
Last Modified: 16 Mar 2016 06:31
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/27018

Actions (login required)

View Item View Item