Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran Fajar di Manyar Kertoarjo, Surabaya

Halim, Michael (2009) Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran Fajar di Manyar Kertoarjo, Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4819_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4819_Abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/131522

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang .tik, lebih efisien, dan lebih efekti£ Jika pelanggan merasa puas terhadap suatu pelayanan, emungkinan besar pelanggan akan melakukan pembelian ulang pada periode berikutnya 1imya terbentuklah loyalitas pelanggan. Dalam satu hari, ada sekitar 3-4 pelanggan baru lam satu minggu diperkirakan ada 10-20 pelanggan baru. Sehingga restoran Fajar di r Kertoarjo, Surabaya mengalami peningkatan jumlah pelanggan. Ini membuktikan n Fajar di Manyar Kertoarjo, Surabaya mampu menciptakan kepuasan pelanggan karena pelanggannya meningkat setiap hari. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang responden. 1den dari penelitian ini adalah pelanggan yang membeli dan mengkonsumsi makanan atau ,an di restoran Fajar di Manyar Kertoarjo, Surabaya. Sampe1 dari 100 responden tersebut JUlkan dari penyebaran kuesioner. Data tersebut dio1ah dengan menggunakan analisis tinier sederhana dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas gan di restoran Fajar di Manyar Kertoarjo, Surabaya. Kesimpulan dari penelitian ini 1jukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan pelanggan terhadap as pelanggan restoran Fajar di Manyar Kertoarjo, Surabaya yaitu sebesar 0.857. Variabel ,an pelanggan sebagai variabel be bas (independent variable) dan variabel loyalitas gan sebagai variabel tidak bebas (dependent variable). Sehingga hubungan yang terjadi kepuasan pelanggan sebagai penyebab terjadinya loyalitas pelanggan dan seballiknya as pelanggan sebagai akibat dari kepuasan pelanggan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Jumagi 197012
Date Deposited: 16 Mar 2016 08:16
Last Modified: 16 Mar 2016 08:16
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/27057

Actions (login required)

View Item View Item