Profil Tanggapan Tenaga Kesehatan terhadap Kualitas Pelayanan Kamar Obat di Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan Surabaya

Sari, Rosvita (2007) Profil Tanggapan Tenaga Kesehatan terhadap Kualitas Pelayanan Kamar Obat di Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_2261_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_2261_Abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/149576

Abstract

Layanan yang berkualitas dibentuk oleh adanya kesesuaian antara harapan dan penilaian yang dirasakan oleh seseorang. Kualitas layanan yang baik terdiri dari lima dimensi yaitu realibility, responsiveness, tangibles, assurance dan emphaty (Philip Kotler, 1994). Telah dilakukan penelitian tentang kualitas layanan di Kamar Obat Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan Surabaya, melibatkan 153 subjek penelitian, seluruhnya merupakan tenaga kesehatan yang memanfaatkan fasilitas JPKK di Rumah Sakit tersebut. Pengampilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan di unit tempat subjek penelitian bekerja, menggunakan kuesioner skala Likert dengan teknik analisis kepentingan dan penilaian. Pengolahan data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui sejauh mana kualitas layanan yang diberikan oleh Kamar Obat Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan Surabaya. Jawaban-jawaban responden dideskripsikan ke dalam tabel. Hasil analisa menunjukkan faktor-faktor dianggap paling penting bagi subjek penelitian meliputi mutu obat, kelengkapan obat, kecepatan pelayanan, wawasan petugas kamar obat, petugas dapat dipercaya dan komunikasi dengan petugas kamar obat terjalin baik. Secara umum hasil penilaian tenaga kesehatan terhadap kualitas layanan di KamarObat Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan Surabaya telah memenuhi harapan dan kebutuhan tenaga kesehatan yang beketja disana ditandai dengan perasaan puas sebesar 61 ,4%. Dan tidak ada perbedaan yang signifikan antara tingkat penilaian dan tingkat kepentingan kualitas pelayanan kamar obat di Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan Surabaya berdasarkan usia, tingkat pendidikan dan lama kerja.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 29 Mar 2016 07:34
Last Modified: 29 Mar 2016 07:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/27201

Actions (login required)

View Item View Item