Analisis Jenis Evaluasi Alternatif Dalam Proses Pengambilan Keputusan Pemakaian Ban Goodyear

YULIATI, HO LINDA (2000) Analisis Jenis Evaluasi Alternatif Dalam Proses Pengambilan Keputusan Pemakaian Ban Goodyear. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/149054

Abstract

Pada era globaJisasi seperti sekarang ini, persaingan dalam dunia perdagangan semakin kompetitif. Produsen dituntut menghasilkan produk yang benar-benar dibutuhkan konsumen. Kebutuhan konsumen yang beraneka ragam, membuat produsen perlu menghasilkan produk yang beraneka ragam pula, sebagai suatu strategi untuk memenangkan pasar. Perilaku membeli menjadi fokus dalam pcnelitian ini. Pembelian yang dilakukan konsumen memiliki fungsi yang beraneka ragam. Dalam hal ini peneliti membatasi pada fungsi pembelian sebagai pemecah masalah. Model pemecahan yang dipilih, dapat menunjukkan karakteristik konsumen terhadap produk, demikian pula tcrhadap ban mob~ khususnya ban merek Goodyear. Sebelwn sampai pada keputusan membeli, konsumen melalui beberapa proses pemhelian, yaitu motivasi & pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatifpembelian. dan basil. Pada penelitian ini, difokuskan pada perilaku membeli dcngan memperhatikan proses evaluasi alternatif dalam proses pembclian sebagai jenis pemecahao masaJah yang diioginkan konsumen. Evaluasi alternatif adalah proses dimana auatu aJtcmatif pilihan dicvaluaai dan dipilih untuk memenuhi kebutuhan konswnen. Cara pemenuhan kebutuhan yang diinginkan melalui evaluasi alternatif, mcnggambarkan jenis evaluasi alternatif dalam pemecahan suatu masalah. Pemccahan masalah dalam jcnis evaluasi alternatif dibedakan menjadi dua, yaitu pemccahan masalah diperluas dan pemecahan masalah terbatas. Berangkat dari hipotesis bahwa konsumen ban Goodyear menggunakan pemecahan masalah terbatas/psikologis, peneliti melakukan penelitian dengan 75 responden dengan proses pcngumpuJan data dilakukan dengan wawancara, yang dibantu angket sebagai pcngarah data yang ingin diperoleh, yang dilakukan dengan telcnik pengwnpulan data Purposive Sampling. Sampel dibatasi dengan subyek yang pernah memakai dan yang hingga kini memakai ban Goodyear. Metode analisis data digunakan teknik statistik deskritif Dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa dalam pemilihan pemakaian ban Goodyear, konsumen tidak dapat dikotak-kotakan dalam satu kategori begitu saja, sebab banyak hal yang menyebabkan terjadinya suatu pembelian, diantaranya adalah motivasi, pengetahuan, situasi, dll. Selain itu aspek-aspek yang diukur dalam setiap kriteria dalam evaluasi alternatif berbeda-beda Dari penelitian ini, dapat disimpuJkau bahwa tidak semua pembelian yang terjadi berdasarkan kebutuhan akan pemecahan masalah terbatas atau diperluas, sebab banyak dimensi yang mempengaruhi terjadinya suatu pembelian. Penggolongan karakteristik konsumen dalam suatu golongan sukar untuk dibuktikan secara baku, karena pengukuran yang dilakukan pada objek yang dinamis. Oleh sebab itu, peneliti berpendapat bahwa pembelian hanya dapat diukur jika konsumen kembali kepada fungsi produk yang dibutuhkan dan menghindari pembelian suatu produk yang digunakan pada hal-hal di luar kcgunaan dari produk itu yang seharusnya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 11 Feb 2013 03:24
Last Modified: 29 Sep 2020 05:42
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/2729

Actions (login required)

View Item View Item