Evaluasi Control Cost dalam Penerapan Result Control pada Marketing di PT. MPM Motor Cabang Kupang

Tandjung, Rosalinda (2009) Evaluasi Control Cost dalam Penerapan Result Control pada Marketing di PT. MPM Motor Cabang Kupang. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_2558_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_2558_Abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/131776

Abstract

Pada kondisi perekonomian dewasa ini berkembang menjadi sangat kompleks, hal ini menuntut dimilikinya daya saing yang semakin tinggi dari setiap pelaku pasar. Salah satu bidang bisnis yang potensial dewasa ini adalah perusahaan distribusi sepeda motor. Bisnis ini berkembang karena fasilitas kredit sepeda motor yang semakin mudah sehingga persaingangan usahanya pun menjadi sangat tinggi. Dalam mengatasi masalah persaingan ini diperlukan peran marketing yang sangat besar dan salah satu cara untuk memotivasi marketing dengan adanya penerapan result control. Namun, untuk mengetahui apakah suatu system control tersebut telah efektif, maka perusahaan juga memerlukan suatu evaluasi control cost terhadap penerapan result control tersebut. Pembuatan skripsi ini difokuskan untuk mengevaluasi control cost pada penerapan result control pada bagian marketing. Dimana untuk melakukan penelitian tersebut harus diketahui bagaimana penerapan result control dan juga cost apa saja yang yang dikorbankan perusahaan untuk bagian yang mempunyai fungsi marketing, bagian- bagian yang dimaksud dalam PT MPM Motor cabang Kupang yaitu bagian coordinator sales, counter sales dan marketing. Selanjutnya dilihat apakah control cost dalam penerapan result control pada marketing di PT MPM Motor cabang Kupang sudah cukup efektif atau tidak. Dan yang terakhir untuk mengetahui masalah yang terkait dengan evaluasi control cost terhadap penerapan result control beserta rekomendasi penulis untuk masalah-masalah tersebut. Adanya evaluasi control cost dalam penerapan result control juga ditemukan adanya pelanggaran seperti behavioral displacement dan negative attitude yang dapat mengurangi keefektifan dari control cost. Namun, dari penelitian yang didapat membuktikan bahwa control cost dalam penerapan result control yang diukur melalui pencapain tujuan oleh marketing pada PT MPM Motor cabang Kupang, maka dapat dikatakan bahwa control cost tersebut masih cukup efektif. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase penjualan yang lebih besar dibandingkan dengan out of pocket cost dan juga adanya komplain pelanggan terhadap marketing yang menunjukkan jumlah yang sangat kecil, hal ini berarti bahwa layanan marketing terhadap pelanggan masih cukup baik. Berikutnya adanya rekomendasi penulis terkait dengan masalah di PT. MPM Motor cabang Kupang seperti adanya pelatihan bagi marketing pada saat training, adanya suatu kesepakatan yang jelas tentang penetapan reward kepada marketing dan yang terakhir saran mengenai penetapan target yang lebih adil serta adanya rolling bagi tiap marketing.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Control Cost, Result Control
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 05 Apr 2016 04:45
Last Modified: 05 Apr 2016 04:45
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/27333

Actions (login required)

View Item View Item