Studi Eksploratori Experimential Marketing Taman Safari Prigen Berdasarkan Pengalaman Informan di Surabaya

Nugroho, Heru (2009) Studi Eksploratori Experimential Marketing Taman Safari Prigen Berdasarkan Pengalaman Informan di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4597_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4597_Abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133152

Abstract

Objek wisata semakin banyak dirancang dan dibangun untuk memberikan perasaan senang dan santai terutama objek wisata di Provinsi Jawa Timur yang semakin bervariasi menjadi daya tarik utama bagi wisatawan domestik maupun asing, dimana di setiap kabupaten dan kota memiliki objek wisata andalan (httpJ/64.203.71.11/verl/Nusantara.htm). Experiential Marketing akan menciptakan suatu keunggulan karena yang dijual bukan lagi produk dan jasa saja tetapi juga memberikan pengalaman-pengalaman yang tak terlupakan (memorable experience). Salah satu objek wisata yang memiliki kelebihan tersebut adalah Taman Safari Prigen yang memadukan konsep hiburan, konsep rekreasi, konsep konservasi (sebagai tempat perlindungan satwa liar dan satwa langka), dan konsep pendidikan (http://www.wisataparlemen.com). Elemen-elemen pengukumya adalah sense e:xperience,feel experience, think experience, act experience,dan relate experience. Target populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Taman Safari Prigen yang berdomisili di Surabaya, pernah berfoto bersama hewan atau mencoba satwa tunggang dan pemah melakukan permainan di amusement park Taman Safari Prigen. Hasil yang diperoleh dari penelitian in~ dari lima fuktor experiential marketing yang telah diteliti pada objek wisata Taman Safari Prigen dapat diketahui bahwa dimensi yang dominan adalah sense experience, dimana hampir semua informan memiliki pengalaman melalui panca indera (penglihatan, penciuman, pendengaran, peraba, dan perasa). Dimensi yang menjadi keunikan adalah think experience dimana informan memiliki pengalaman kognitif dan dapat menambah pengetahuan mengenai jenis hewan di Taman Safari Prigen.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: experiential marketing, memorable experience, sense experience, feel experience, think experience, act experience, dan relate experience.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Jumagi 197012
Date Deposited: 07 Apr 2016 07:38
Last Modified: 07 Apr 2016 07:38
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/27374

Actions (login required)

View Item View Item