TANTANGAN DAN PELUANG KONSORSIUM JURNAL ELEKTRONIK : STUDI KASUS FORUM PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI INDONESIA PROVINSI JAWA TIMUR ( FPPTI JATIM)

Ulum, Amirul and Munawaroh, . and Iswara, Vincentius Widya and Mamahit, Suzanna Katharina (2015) TANTANGAN DAN PELUANG KONSORSIUM JURNAL ELEKTRONIK : STUDI KASUS FORUM PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI INDONESIA PROVINSI JAWA TIMUR ( FPPTI JATIM). In: Semiloka Kepustakawanan Indonesia, 19-21 Agustus 2015, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung..

Full text not available from this repository.
Official URL: http://pspi.upi.edu/semiloka-2015/

Abstract

Ketersediaan akses jurnal elektronik di perpustakaan perguruan tinggi wajib dimiliki karena merupakan sumber informasi ilmiah dan bagian dari penilaian akreditasi perguruan tinggi bidang perpustakaan yaitu ketersediaan akses secara online. Kebutuhan jurnal elektronik oleh civitas akademika untuk melengkapi ketersediaan koleksi buku teks yang terbatas untuk kebutuhan proses belajar mengajar dan juga untuk mendukung tridharma perguruan tinggi. Keberadaan jurnal elektronik yang harus dilanggan oleh perguruan tinggi sangat bervariasi sesuai subyek bidang studi yang dimiliki perguruan tinggi. Harga berlangganan yang cukup mahal menjadi kendala bagi kebanyakkan perguruan tinggi untuk melanggan dalam kurun waktu tertentu. Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia Propinsi Jawa Timur berupaya menjembatani kebutuhan ini melalui program konsorsium jurnal elektronik. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan dan peluang dalam proses terbentuknya konsorsium dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian dalam mengelola konsorsium hingga dapat menjalankan program ini untuk satu tahun mendatang. Kata Kunci : Elektronik Jurnal, Konsorsium, Jejaring Perpustakaan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Depositing User: Amirul Ulum 195027
Date Deposited: 10 Apr 2016 15:29
Last Modified: 10 Apr 2016 15:29
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/27413

Actions (login required)

View Item View Item