Studi Tentang Kualitas Pelayanan Dan Strategi Pemasaran Pada Supermarket Mega M Surabaya

., Soeripto (1998) Studi Tentang Kualitas Pelayanan Dan Strategi Pemasaran Pada Supermarket Mega M Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/230984

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang cukup pesat menyebabkan kebutuhan primer (kebutuhan sehari-hari) meningkat pula. Keadaan ini dapat dilihat dari banyaknya supermarket yang banyak dikunjungi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan primer. Melihat kenyataan yang ada maka supermarket Mega M berupaya untuk mencukupi keperluan sehari-hari masyarakat dengan menyediakan berbagai macam barang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia sehari hari dengan sistem pelayanan sendiri. Maksud dari sistem pelayanan sendiri di sini adalah konsumen atau pembeli bebas untuk memilih barang-barang yang ingin dibelinya. Dengan semakin banyaknya supermarket-supermarket yang menawarkan produk-produk yang sama, maka akan menyebabkan persaingan pasar yang cukup ketat diantara mereka. Pada saat ini konsumen lebih selektif dalam memilih suatu supermarket yang akan didatangi. Untuk itu pihak supermarket Mega M harus berusaha untuk memberikan pelayanan kepada konsumen dengan baik sehingga konsumen merasa puas dalam berbelanja. Salah satu faktor yang sangat panting untuk memenuhi kepuasan konsumen adalah meningkatkan kualitas pelayanan pada supermarket tersebut. Salama ini pihak supermarket menjalankan kualitas pelayanannya hanya berdasarkan pada persepsinya sendiri, padahal belum tentu apa yang dipersepsikan pihak supermarket sesuai dengan keinginan konsumen. Dengan kualitas pelayanan yang sesuai dengan yang diinginkan konsumen maka konsumen akan semakin loyal terhadap supermarket Mega M. Konsumen di supermarket Mega M terbentuk menjadi 2 kelompok yang mana kelompok 1 mempunyai tingkat ketidakpuasan yang lebih besar daripada kelompok ke 2, perbaikan dilakukan pada kelompok 1 yang mempunyai tingkat ketidakpuasan yang lebih besar untuk meningkatkan mutu pelayanan karyawan terutama yang berhadapan langsung dengan konsumen diberi pelatihan dan diberdayakan untuk mengambil keputusan dalam menangani situasi-situasi seperti adanya keluhan, saran dan masalah-masalah yang berkaitan dengan pelanggan. Selain itu pihak manajemen supermarket sebaiknya dalam memberikan penilaian prestasi karyawan, berdasarkan pada survey pelanggan. Jadi penilaian prestasi karyawan yang dilakukan tidak hanya berdasarkan pada pihak manajemen, tapi juga pelanggan yang memberikan penilaian sehingga karyawan akan lebih memperhatikan kepuasan pelanggan dalam memberikan pelayanannya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 14 Jan 2013 09:41
Last Modified: 14 Jan 2013 09:41
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/2745

Actions (login required)

View Item View Item