Analisis Key Success Factor sebagai Upaya untuk Mempertahankan Keunggulan Bersaing pada UD. Sumber Rasa Prima (Roti In d/h Tjwan Bo) di Surabaya

Listiani, Silvia (2009) Analisis Key Success Factor sebagai Upaya untuk Mempertahankan Keunggulan Bersaing pada UD. Sumber Rasa Prima (Roti In d/h Tjwan Bo) di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_2524_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_2524_Abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/131731

Abstract

Saat ini permintaan terhadap roti semakin meningkat karena masyarakat menganggap bahwa roti sebagai makanan selingan. Hal itu menyebabkan para pelaku bisnis melirik usaha ini. Dengan semakin banyaknya industri roti yang bermunculan, tiap-tiap badan usaha dituntut untuk memiliki strategi bersaing yang tepat sehingga dapat mencapai keunggulan bersaing dalam lingkungan persaingan. Strategi bersaing bertujuan untuk menentukan posisi badan usaha dalam suatu industri sehingga badan usaha tersebut dapat bertahan dalam menghadapi persaingan. Menurut Porter (1998) terdapat 3 strategi generik untuk mencapai keunggulan bersaing yaitu cost leadership, differentiation, dan focus. Dalam menentukan strategi bersaing, badan usaha harus menganalisis 5 faktor persaingan yang meliputi intensity of rivalry among existing competitor, threat of entry, bargaining power of buyers, bargaining power of supplier, dan pressure from substitute product. Kekuatan badan usaha dalam 5 faktor persaingan tersebut dapat membantu menentukan strategi bersaing yang tepat. Setelah mengetahui strategi bersaing yang tepat, badan usaha dapat mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang merupakan kunci keberhasilan badan usahanya. Faktor-faktor tersebut dinamakan key success factor. Identifikasi key success factor dilakukan berdasarkan kerangka kerja Grant yang melakukan analisis terhadap permintaan, pelanggan, dan persaingan. Homgren, dkk (2006) mengkategorikan key success factor menjadi 4 variabel yaitu cost & efficiency, quality, time, dan inovation.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Key Success Factor, Keunggulan Bersaing
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 12 Apr 2016 08:23
Last Modified: 12 Apr 2016 08:23
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/27458

Actions (login required)

View Item View Item