Putra, Moch. Angga Pramana (2015) Perancangan Strategi Bisnis untuk Usaha Kecil Menegah Gerobak Pispot (Pisang Spot) di Royal Plaza Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_3846_Abstrak.pdf Download (124kB) | Preview |
Abstract
UKM Gerobak Pispot (Pisang Spot) merupakan bisnis kuliner yang memproduksi berbagai macam menu olahan pisang yang terdapat di Royal Plaza Surabaya. Tiga varian menu yang dimiliki oleh UKM Gerobak Pispot (Pisang Spot) yaitu banana crispy, banana springroll dan banana toasted bread. Banyaknya pelaku bisnis yang mencoba merambah bisnis kuliner menyebabkan peningkatan jumlah pelaku di sektor kuliner semakin hari semakin bertambah sehingga persaingan antar pelaku bisnis kuliner cukup tinggi khusunya di Royal Plaza Surabaya. Oleh karena itu, UKM Gerobak Pispot (Pisang Spot) harus memiliki strategi bisnis yang tepat untuk dapat bersaing dengan para kompetitornya dan meningkatkan penjualan produk tersebut. Analisis kompetitif (model lima kekuatan Porter) adalah tahapan awal menyusun strategi bisnis untuk mengetahui struktur industri UKM Gerobak Pispot (Pisang Spot) dan analisis SWOT untuk mengetahu kondisi internal dan eksternal UKM Gerobak Pispot (Pisang Spot). Tahapan selanjutnya dilakukan tahapan input yang meliputi matriks EFE, matriks IFE dan CPM untuk mengetahui daya saing UKM Gerobak Pispot (Pisang Spot). Bobot dan peringkat pada matriks EFE dan IFE didapatkan dari pihak UKM Gerobak Pispot (Pisang Spot), sedangkan CPM didapatkan dari pembagian kuesioner kepada konsumen aktual. Hasil Total nilai pada matriks EFE dan IFE sebesar 2,91 dan 2,62. Total nilai 2,99 pada hasil CPM membuat UKM Gerobak Pispot (Pisang Spot) unggul dari dua kompetitornya. Setelah tahapan input dilakukan tahapan penyesuaian menggunakan TOWS matriks untuk mengetahui alternatif strategi yang ada, matriks IE untuk mengetahui posisi UKM Gerobak Pispot (Pisang Spot) dan GSM untuk mengetahui posisi daya saing. Total nilai pada matriks EFE dan IFE sebesar 2,91 dan 2,62 berada pada kuadran V, yaitu pertahankan dan pelihara kondisi perusahaan saat ini. Pada GSM didapatkan UKM Gerobak Pispot (Pisang Spot) tergolong pada kuadran I dimana pertumbuhan pasar cepat dan posisi pesaing yang kuat QSPM merupakan tahap keputusan dan tahap akhir untuk menentukan strategi yang tepat untuk UKM Gerobak Pispot (Pisang Spot). Alternatif strategi yang digunakan dalam QSPM yaitu strategi penetrasi pasar, pengembangan produk dan integrasi kebelakang yang didapatkan dari pengkategorian strategi alternatif yang disusun pada TOWS matriks dan diambil nilai yang paling besar. Hasil pengolahan strategi pada QSPM didapatkan strategi penetrasi pasar yang memperoleh nilai daya tarik terbesar, yaitu 6,03. Strategi penetrasi pasar inilah strategi yang tepat digunakan oleh UKM Gerobak Pispot (Pisang Spot) dan didukung oleh beberapa strategi pemasaran usulan. Strategi pemasaran yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis kuadran dan bauran pemasaran. Data yang digunakan dalam analisis kuadran dan bauran pemasaran adalah penyebaran kuesioner kepada 30 konsumen aktual dan 70 konsumen potensial. Melalui analisis kuadran didapatkan variabel yang harus ditingkatkan oleh UKM Gerobak Pispot (Pisang Spot), yaitu variabel selalu mengikuti event kuliner dan brand terkemuka. Variabel yang harus ditingkatkan tersebut telah diberikan solusi untuk mengatasi hal tersebut. Bauran pemasaran yang dibahas dalam penelitian ini yaitu meliputi product, price, place dan promotion. Beberapa strategi usulan untuk ke-empat kriteria bauran pemasaran tersebut akan menjadi hal yang perlu di pertimbangkan oleh UKM Gerobak Pispot (Pisang Spot) di dalam memajukan usahanya tersebut.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi bisnis, strategi pemasaran |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Sugiarto |
Date Deposited: | 20 Apr 2016 04:03 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 04:03 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/27562 |
Actions (login required)
View Item |