Hubungan Antara Persepsi Terhadap Bauran Pemasaran Dengan Tingkat Keaktifan Nasabah Kredit.

Suseno, Sutanti (2000) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Bauran Pemasaran Dengan Tingkat Keaktifan Nasabah Kredit. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/149035

Abstract

Pada dasarnya Bank Perkreditan Rakyat atau BPR adalah lembaga keuangan yang mempunyai tugas pokok untuk menghimpun dana dari masyarakat dan memberikan kredit serta jasa-jasa dalarn mempelancar arus pembayaran keuangan, yang didirikan di daerah wilayah kabupaten. Mengikuti pertumbuhan dan perkembangan pembangunan dunia usaha, Bank Perkreditan Rakyat dituntut untuk lebih mengembangkan usaha pemasarannya dalam menghadapi persaingan yang semakin kompetitif. Salah satu cara untuk mengembangkan usahanya adalah dengan melihat persepsi nasabah terhadap bauran pemasaran (product, price, place, promotion, people, physical evidence, process) BPR Indo Tamapersada, dengan tujuan dapat memenuhi kebutuhan, harapan dan keinginan nasabah sehingga dapat memuaskan nasabah juga menanamkan kepercayaan di benak nasabah serta menarik nasabah untuk menjadi lebih aktif terlibat dengan BPR Indo Tamapersada. Berdasarkan hal tersebut, penulis ingin mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi terhadap bauran pemasaran dengan tingkat keaktifan nasabah kredit PT. BPR Indo Tamapersada di Kartasura. Angket dibagikan khusus pada nasabah kredit BPR Indo Tamapersada sebanyak 50 angket dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi umum dan analisis korelasi parsial HasiJ analisis regresi umum yang diperoleh menunjukkan adanya hubungan antara persepsi terhadap bauran pemasaran dengan ringkat keaktifan nasabah kredit BPR Indo Tamapersada di Kartasura, dengan nilai F= 5.530, R= 0.693 dan p= 0.000 (p < 0.01). Ada hubungan antara variabel phisycal evidence (F=6.346, r6y-Jl3457= 0.362 dan p= 0.0/5), process (F= 5.846, ny-123456= 0.350 dan p= 0.019) dengan keaktifan nasabah kredit BPR Indo Tamapersada dan variahel price (F=3.843, rzy-134567= -0.290 dan p= 0.054) tetapi arah korelasinya tidak searah dengan yang diduga sehingga hipotesis minornya ditolak. Tidak ada hubungan antara variabel product, place, promotion and people dengan keaktifan nasabah kredit BPR Indo Tamapersada, dengan nilai p berkisar antara 0.1/3 sampai 0. 683. Sumbangan efektif yang diperoleh dari basil penelitian adalah sebesar 47.963% dengan sumbangan terbesar terhadap variahel bukti fisik /5.297%, variabel proses 12.128%, variabel harga 7.280%, variabel promosi 7.188%, variabellokasi 2.820% dan variabel produk 1.839% terakhir swnbangan efektif yang terkecil dari basil penelitian adalah 1. 411% variabel orang. Dari basil penelitian tersebut diharapkan dapat menjadi masukan bagi BPR Indo Tamapersada untuk lebih mengetahui keinginan dan kebutuhan nasabah sebagai target marketnya, mengetahui variabel mana dari bauran pemasaran yang efektif dan kurang efektif.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 11 Feb 2013 07:37
Last Modified: 22 Sep 2020 04:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/2758

Actions (login required)

View Item View Item