Pengaruh Pngungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Earnings Response Coefficient Pada Perusahaan yang Terdaftar di Busa Efek Indonesia 2014

Poerwanto, Natalia (2015) Pengaruh Pngungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Earnings Response Coefficient Pada Perusahaan yang Terdaftar di Busa Efek Indonesia 2014. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_3705_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_3705_Abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/241541

Abstract

Informasi laba merupakan informasi yang penting bagi para investor sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan investasi. Hal itu disebabkan karena informasi laba merupakan informasi yang paling relevan dalam menggambarkan kinerja perusahaan. Selain itu, melalui informasi laba, investor juga dimungkinkan untuk dapat meramalkan aliran kas perusahaan di masa depan, sehingga investor dapat memprediksi resiko investasi. Respon investor terhadap informasi laba dapat diukur dengan menggunakan Earnings Response Coefficient (ERC).Akan tetapi, informasi laba masih dianggap bias karena adanya asumsi perhitungan dan kemungkinan manipulasi yang dilakukan perusahaan. Peningkatan profit perusahaan dalam suatu periode, tidak menjamin bahwa kinerja perusahaan benar-benar bagus. Adanya anggapan tersebut menyebabkan investor memerlukan informasi lain selain laba yang dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan, salah satunya adalah informasi aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan perusahaan. Perhatian masyarakat maupun pemerintah terhadap kegiatan CSR perusahaan semakin meningkat. Salah satu yang dapat menjadi bukti adalah dengan ditetapkannya Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang kewajiban pelaksanaan dan pengungkapan aktivitas CSR bagi Perseroan Terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan aktivitas CSR dalam laporan tahunan perusahaan terhadap ERC. Sampel dalam penelitian ini diambil dari perusahaan yang terdaftar pada BEI tahun 2014. Pengolahan data dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan model interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap ERC. Hal itu disebabkan karena minimnya informasi yang diungkapkan perusahaan terkait aktivitas CSR dalam laporan tahunan dan investor tidak sepenuhnya percaya terhadap informasi tersebut.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Earnings Response Coefficient (ERC), Pengungkapan Corporate Social
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 18 May 2016 07:07
Last Modified: 18 May 2016 07:07
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/27772

Actions (login required)

View Item View Item