Pengaruh Hedonic Value dan Utilitarian Value Terhadap Customer Satisfaction dan Behavioral Intention Pad pelanggan Restoran Myoung Ga di Surabaya

Wangka, Meilani Wiguna (2015) Pengaruh Hedonic Value dan Utilitarian Value Terhadap Customer Satisfaction dan Behavioral Intention Pad pelanggan Restoran Myoung Ga di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_5648_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_5648_Abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/241267

Abstract

Bisnis restoran di Surabaya yang berkembang pesat membuat warga di Surabaya dan sekitarnya sangat tertarik menikmati pengalaman makan di berbagai restoran. Restoran Myoung Ga adalah restoran etnik Korea terfavorit di Surabaya. Beberapa peneliti menemukan perubahan perilaku konsumen yang kini memandang nilai yang diterima dari pengalaman makan tidak hanya berdasarkan nilai utilitarian, melainkan juga berdasarkan nilai hedonis. Nilai hedonis dan nilai utilitarian berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan niat perilaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh hedonic value dan utilitarian value terhadap customer satisfaction dan behavioral intention pada pelanggan Restoran Myoung Ga di Surabaya. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 189 responden yang merupakan pelanggan Restoran Myoung Ga yang pernah membeli dan makan dine-in di Restoran Myoung Ga minimal 1 kali dalam 3 bulan terakhir. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan software SPSS dan metode pengolahan Structural Equation Model (SEM). Hasil peneilitian ini menunjukkan 4 dari total 5 hipotesis diterima. Hipotesis yang ditolak adalah adanya pengaruh positif hedonic value terhadap customer satisfaction. Hubungan antara hedonic value terhadap customer satisfaction tidak terbukti karena variabel tidak berpengaruh signifikan. Dalam penelitian ini ditemukan adanya pengaruh positif antara utilitarian value terhadap customer satisfaction, customer satisfaction terhadap behavioral intention, hedonic value terhadap behavioral intention dan utilitarian value terhadap behavioral intention pada pelanggan Restoran Myoung Ga di Surabaya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: hedonic value, utilitarian value
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 30 May 2016 04:33
Last Modified: 30 May 2016 04:33
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/27880

Actions (login required)

View Item View Item