Febrianty, Zhandy (2015) Strategi Pengembangan Usaha dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard pada CV Cahaya Anugerah Abadi di Palu. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
AK_3656_Abstrak.pdf Download (312kB) | Preview |
Abstract
Pesatnya perkembangan dalam bisnis makanan yang sekarang ini mulai banyak digemari oleh pengusaha, maka persaingan dalam bisnis makanan di Kota Palu pun semakin ketat. Sehingga penting bagi para pengusaha untuk melakukan strategi-strategi guna mempertahankan dan meningkatkan loyalitas dari pelanggan serta menjamin keberlangsungan perusahaan CAA. Tujuan jangka panjang akan digambarkan dalam visi, misi, dan strategi yang telah ditetapkan. Dalam pencapaian tujuan tersebut diperlukan suatu pengukuran kinerja yang diharapkan dapat membantu mengukur kinerja dari CAA agar tindakan-tindakan yang dilakukan dapat sejalan dengan visi, misi, dan strategi yang telah ditetapkan yaitu dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard. Penelitian ini bertujuan untuk: merancang pengukuran kinerja dengan mengadopsi balanced scorecard yang dapat digunakan di CAA sebagai pengukuran kinerja yang dapat menyelaraskan aktivitasnya pada visi, misi, dan strategi perusahaan. Hal ini akan menjadi keunggulan kompetitif bagi perusahaan CAA sendiri dalam menghadapi persamgan pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CAA memiliki beberapa kelemahan dalam pengukuran kinerja yang selama ini digunakannya, yaitu pengukuran yang masih sederhana dan hanya berdasarkan dari pengetahuan semata yang diketahui oleh pemilik perusahaan sehingga menghambat pencapaian visi dan misi perusahaan. Dengan mengadopsi menggunakan alat ukur balanced scorecard pada CAA menggunakan empat perspektif yaitu pembelajaran dan pertumbuhan, proses bisnis internal, pelanggan, dan keuangan. Melalui desain strategy maps dari keempat perspektif tersebut diharapkan kelemahan dan kendala yang dihadapi dalam mengukur kinerja perusahaan dapat teratasi. Sehingga tujuan dan strategi perusahaan yang telah dibuat dapat dengan mudah dipahami oleh perusahaan. Perusahaan CAA juga harus tetap meningkatkan kepuasan karyawan untuk menurunkan employee turnover. Hal ini akan berdampak pada proses pelayanan terhadap pelanggan yang akan menjadi lebih efisien dan efektif sehingga tingkat kepuasan pelanggan akan semakin meningkat.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | balanced scorecard, performance measurement |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 04:23 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 04:23 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/27996 |
Actions (login required)
View Item |