Chrisnasari, Ruth and Prilianti, Kestrilia Rega and Daniel, Xavier (2016) INOVASI PEMBELAJARAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA KULIAH TEKNIK ANALISA DNA. In: Seminar Nasional Biologi Unesa 2016, 20 Pebruari 2016, Surabaya. (Unpublished)
Preview |
PDF
Inovasi Pembelajaran_2016.pdf Download (463kB) | Preview |
Abstract
Mata kuliah Teknik Analisa DNA mengajarkan kepada mahasiswa mengenai teknik-teknik analisa Biologi Molekuler, khususnya DNA. Namun, rancangan perangkat kurikulum dan metode pengajaran yang sebelumnya diterapkan masih menitikberatkan pada prosedur, sehingga minat dan motivasi belajar mahasiswa menjadi rendah. Inovasi pembelajaran ini bertujuan untuk menata ulang perangkat kurikulum berdasarkan metode pembelajaran kontekstual serta merancang metode dan media pembelajaran yang mengacu pada Student Centered Learning (SCL) yang diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar mahasiswa. Pembelajaran kontekstual dilakukan melalui pemberian case study dan proyek yang mengaplikasikan teknik analisa DNA untuk mencari solusi atas suatu permasalahan. Hasil implementasi inovasi pembelajaran ini menunjukkan rerata capaian ketuntasan belajar sebesar 61,28% dan peningkatan motivasi belajar mandiri mahasiswa sebesar 51,25%. Selain itu, juga terjadi peningkatan kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen. Output inovasi pembelajaran ini juga dihasilkan perangkat kurikulum yang baru dan beberapa media pembelajaran seperti software offline pembelajaran, handout kuliah dan buku ajar.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Speech) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | inovasi pembelajaran, pembelajaran kontekstual, student centered learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Technobiology > Department of Biology |
Depositing User: | Eko Setiawan 194014 |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 05:07 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 05:07 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28007 |
Actions (login required)
View Item |