Eksplorasi Mikroorganisme Termofilik Penghasil Enzim Kitinase dari Sumber Air Panas Prataan-Tuban serta Produksi Enzim Kitinase yang Dihasilkannya

Pantjajani, Tjandra and Chrisnasari, Ruth (2014) Eksplorasi Mikroorganisme Termofilik Penghasil Enzim Kitinase dari Sumber Air Panas Prataan-Tuban serta Produksi Enzim Kitinase yang Dihasilkannya. Project Report. Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of 3. Laporan Penelitian Lanjut FTB 2013_2014_ Abstrak.pdf]
Preview
PDF
3. Laporan Penelitian Lanjut FTB 2013_2014_ Abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 3. Laporan Penelitian Lanjut FTB 2013.pdf] PDF
3. Laporan Penelitian Lanjut FTB 2013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kitin merupakan suatu polimer linier yang tersusun oleh β-1,4-N-asetil-D-glukosamin (GlcNAc). Kitin yang keberadaannya melimpah dan belum termanfaatkan secara maksimal dapat diubah menjadi senyawa GlcNAc yang berharga. Degradasi kitin dapat dilakukan oleh organisme dengan melibatkan enzim kitinase. Untuk mendegradasi kitin secara optimum, diperlukan enzim kitinase termofilik. Telah dilakukan isolasi di sumber air panas Prataan, Tuban untuk mendapatkan isolat bakteri termofilik penghasil kitinase termofilik.Dari hasil isolasi didapat 4 isolat yaitu A,B,C,D. Semua isolat yang didapat memiliki kemampuan aktivitas kitinolitik yang ditandai pada zona bening. Diantara isolat yang didapat, isolat D telah diamati dan dipilih untuk uji selanjutnya. Berdasarkan hasil sekuensing 16SrRNA, isolat D identik dengan Paenibacillus sp 9-7AIA (ident: 99%). Hasil karakterisasi Isolat D diketahui memiliki kesamaan dengan Paenibacillus sp antara lain Gram positif, menghasilkan spora, berbentuk batang dan beberapa karakteristik lainnya pada uji Biokimia. Untuk mendapatkan jumlah enzim kitinase yang tinggi, diperlukan kondisi inkubasi terbaik bagi mikroorganisme penghasilnya. Dalam penelitian ini, juga dilakukan penentuan konsentrasi koloidal kitin, pH media, dan suhu inkubasi terbaik bagi Paenibacillus sp. untuk memproduksi enzim kitinase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Paenibacillus sp. memiliki kondisi inkubasi terbaik pada 0.9 % koloidal kitin, pH media 7, dan suhu inkubasi 48 atau 62oC.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kitin, Kitinase, Mikroorganisme Termofilik, Isolasi
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Technobiology > Department of Biology
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 22 Jun 2016 06:26
Last Modified: 22 Jun 2016 06:26
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28011

Actions (login required)

View Item View Item