Perbedaan Psychological Well Being pada Remaja Motherless dan Fatherless

YAPAZIL, GIOVANNY (2016) Perbedaan Psychological Well Being pada Remaja Motherless dan Fatherless. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
K_795_Abstrak.pdf

Download (106Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/242355

Abstract

Peran dan dukungan orang tua sangat dibutuhkan dalam proses pencarian jati diri remaja. Adanya perubahan struktur keluarga dapat berdampak pada proses pencarian jati diri tersebut yang dapat memengaruhi psychological well being remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan psychological well being remaja motherless dan fatherless. Jumlah subjek penelitian ini 95 remaja berusia 12 hingga 18 tahun, yaitu 40 remaja motherless dan 55 remaja fatherless. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dan accidental sampling. Data diperoleh melalui angket psychological well being dari Abbot et al, yang terdiri dari 42 item pernyataan dan diolah menggunakan uji beda Independent-Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan psychological well being pada remaja motherless dan fatherless (sig = 0,608, p > 0,05). Peneltian ini juga mendapatkan bahwa tingkat psychological well being remaja motherless dan fatherless tergolong cukup ke arah tinggi. Selain itu, ditemukan bahwa tidak ada asosiasi antara psychological well being dengan usia, jenis kelamin, pendidikan terakhir, dan tahun orang tua meninggal, dikarenakan karakteristik subjek penelitian memiliki banyak kesamaan. Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk mencari subjek penelitian secara lebih variatif.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: psychological well beaing, motherless
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 22 Jun 2016 07:17
Last Modified: 22 Jun 2016 07:17
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28017

Actions (login required)

View Item View Item