Pengaruh Perilaku Hedonic Shopping Experience, Indulgence dan Self Gifting Motivations Terhadap Perilaku Post-Purchase Regret pada Konsumen di Surabaya

WULANDARI, STEPHANIE PUSPITA (2016) Pengaruh Perilaku Hedonic Shopping Experience, Indulgence dan Self Gifting Motivations Terhadap Perilaku Post-Purchase Regret pada Konsumen di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_5715_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_5715_Abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/241986

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh antara antacedents dari self-gifting, yaitu hedonic shopping experience dan indulgence, serta motivasi dari self-gifting terhadap post-purchase regret pada konsumen di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan purposive sampling, dimana sampel berupa responden yang membeli produk sebagai hadiah untuk diri sendiri dalam 1 tahun terakhir ini dan menyesal setelah membeli produk tersebut. Responden dalam penelitian ini berjumlah 170 orang. Analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan model SEM (Structural Equation Modeling) dan diolah menggunakan software SPSS versi 18.0 for Windows serta Amos versi 16.0 for Windows untuk pengujian Model Measurement dan Structural. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hedonic shopping experience memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap indulgence, self-gifting reward, self-gifting hedonic, self-gifting therapeutic dan self- gifting celebratory. Indulgence berpengaruh positif dan signifikan terhadap self-gifting hedonic, self-gifting therapeutic dan self-gifting celebratory. Self-gifting celebratory juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap post-purchase regret. Hasil penelitian juga menemukan tidak terdapat pengaruh antara indulgence dan self-gifting reward. Selain itu hedonic shopping experience, indulgence, self-gifting reward, self-gifting hedonic, dan self-gifting therapeutic berpengaruh tidak signifikan terhadap post- purchase regret.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Hedonic Shopping Experience, Indulgence, Self gifting Motivations dan Post-purchase Regret.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 18 Jul 2016 06:23
Last Modified: 18 Jul 2016 06:23
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28081

Actions (login required)

View Item View Item