Hubungan Optimisme dan Dukungan Sosial dengan Flow Akademik

ADI, HERU SUNARDIJANTO (2016) Hubungan Optimisme dan Dukungan Sosial dengan Flow Akademik. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MPSI_272_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MPSI_272_Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/241860

Abstract

Individu yang mengalami flow akan merasakan kenikmatan, kesenangan dan kegembiraan dalam aktivitas yang dilakukannya. Dalam dunia akademik kondisi flow diperlukan agar siswa mudah memahami materi, menerima penjelasan, menyerap dan mengolah infomasi, berfikir jernih, kreatif serta inovatif. Kajian flow akademik pada penelitian ini dikorelasikan bersama dengan optimisme dan dukungan sosial yang bertujuan untuk melihat sejauh mana seorang siswa mempunyai optimisme beserta mendapatkan dukungan sosial akan menciptakan kondisi flow dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara optimisme dan dukungan sosial dengan flow akademik. Metode penelitian menggunakan survei dengan pengambilan data menggunakan kuesioner. Jumlah partisipan penelitian sebanyak 240 siswa sekolah menengah kejuruan. Pengambilan data menggunakan teknik non random sampling sedangkan analisis data menggunakan uji statistik regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara optimisme dan dukungan sosial dengan flow akademik dengan nilai R=0,410, F=23,913 dan p<0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa semakin siswa optimis memandang kegiatan akademik serta mendapat dukungan sosial maka kecenderungan seorang siswa untuk mengalami kondisi flow akademik semakin tinggi. Optimisme perlu ditingkatkan dengan membiasakan siswa berpikir positif, memandang segala sesuatu dari sisi yang baik, serta mempunyai harapan yang baik dalam segala hal. Demikian juga dukungan sosial perlu ditingkatkan dengan memberikan rasa empati, rasa menghargai, menghibur, memberikan informasi, mempererat persahabatan dan memberikan bantuan baik berupa materi atau bukan materi kepada sesama ataupun teman terutama dalam kegiatan akademik. Semakin meningkat optimisme dan dukungan sosial maka siswa akan semakin meningkat kondisi flow akademik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: flow akademik, optimisme
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 20 Jul 2016 07:31
Last Modified: 20 Jul 2016 07:31
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28106

Actions (login required)

View Item View Item