Days Of Week Effect pada Negara-Negara Berkembang di Benua Asia, Amerika, Eropa, dan Afrika Periode 1 Juli 2012-31 Juli 2015

TANUPRASODJO, SHERLITA (2016) Days Of Week Effect pada Negara-Negara Berkembang di Benua Asia, Amerika, Eropa, dan Afrika Periode 1 Juli 2012-31 Juli 2015. Masters thesis, University of Surabaya.

[img]
Preview
PDF
MM_424_Abstrak.pdf

Download (111Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/241909

Abstract

Market anomaly merupakan teori yang menentang teori efficient market hypothesis (EMH) yang tidak dapat diantisipasi dan menawarkan investor peluang untuk memperoleh abnormal return.Salah satu market anomaly yang banyak terjadi adalah days of the week effect. Investor yang cenderung melakukan perdagangan secara daily akan memperoleh manfaat dengan memahami days of the week effect agar dapat memilih hari yang tepat dalam melakukan investasi. Dalam beberapa tahun terakhir, pasar negara berkembang telah menarik perhatian investor. Banyak investor yang melakukan investasi di negara-negara berkembang untuk mendapatkan abnormal return. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat fenomena days of the week effect, menentukan urutan negara-negara berkembang yang menarik sebagai tempat untuk berinvestasi berdasarkan return rata-ratanya, serta menentukan hari yang tepat bagi investor dalam melakukan pembelian dan penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one way anova dan Kruskal Wallis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lima besar negara berkembang yang menarik sebagai tempat untuk berinvestasi berdasarkan return rata-ratanya sebagian besar ditempati oleh negara-negara di benua Asia yaitu: Qatar, Filipina, China, dan Indonesia. Dari 14 negara berkembang yang diteliti, empat negara menunjukkan terdapatnya perbedaan signifikan return rata-rata harian yaitu: China, Indonesia, Malaysia, dan Chili.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Market Anomaly, Days of the Week Effect
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 12 Aug 2016 07:23
Last Modified: 12 Aug 2016 07:23
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28293

Actions (login required)

View Item View Item