Studi Deskriptif Perilaku Konsumen Album Musik di Surabaya

KUSUMA, GARMELA HADI (2016) Studi Deskriptif Perilaku Konsumen Album Musik di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
M_5732_Abstrak.pdf

Download (52Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/242545

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku konsumen album musik di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah riset deskriptif dengan menggunakan 9 elemen perilaku konsumen yang meliputi : Who is the buyer, What they buy, Why they buy, How often they buy, Where they buy, When they buy, How they know about the product, Who influence in their buying, How they evaluate it after the purchase. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 150 orang responden, dan untuk menjawab masalah penelitian maka metode pengolahan data yang digunakan adalah analisis deskriptif frekuensi, persentase diagram bar chart, dan tabulasi silang. Penelitian ini mendapatkan temuan bahwa konsumen pembelian album musik berdasarkan genre musik di Surabaya dengan jenis kelamin pria maupun wanita relatif sama, berusia antara 26 sampai 35 tahun, dengan pekerjaan swasta, pendidikan terakhir SMA, mempunyai pengeluaran rutin tiap bulan sebesar Rp 1.440.000 - < Rp 3.600.000. Jenis album musik yang paling sering dibeli konsumen adalah jenis album musik pop. Alasan memilih dan membeli jenis album musik dengan genre musik tersebut karena menurut konsumen lagunya enak didengar. Frekuensi membeli jenis album musik untuk konsumen wanita relatif lebih besar yaitu lebih dari 6x beli dalam setahun sedangkan konsumen pria paling banyak melakukan pembelian 3-4 kali dalam setahun. Tempat pembelian album musik paling banyak dilakukan secara online dengan melakukan download di situs internet. Saat browsing internet adalah waktu yang paling banyak dipilih oleh konsumen dalam melakukan pembelian album musik. Sumber informasi mengenai album musik yang dibeli konsumen yaitu dari media elektronik seperti televisi dan radio. Pihak yang paling mempengaruhi konsumen dalam pembelian album musik adalah teman. Berdasarkan hasil evaluasi setelah melakukan pembelian album musik, dapat diketahui bahwa sebagian besar konsumen merasa senang setelah melakukan pembelian.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: consumer behavior, music album
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 15 Aug 2016 01:37
Last Modified: 15 Aug 2016 01:37
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28298

Actions (login required)

View Item View Item